PKM Pemanfaatan Microsoft 365 sebagai Solusi Pembelajaran Daring di SMKS Gunung Sari 1 Makassar

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan seorang Dosen. Melalui kegiatan ini, Kelompok PKM diharapkan dapat memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh kelompok tertentu. Universitas Negeri Makassar, sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Makassar juga mewajibkan setiap Dosennya untuk melaksanakan PKM.

Kegiatan PKM Pemanfaatan Microsoft 365 sebagai Solusi Pembelajaran Daring di SMKS Gunung Sari 1 Makassar ini merupakan kolaborasi dari tiga dosen dari berbagai Fakultas, yaitu Lely Novia, S.Pd., M.Hum. (Fakultas Bahasa dan Sastra), Elfira Makmur, S.Pd., M.Pd. (Fakultas Teknik), dan Stefanie Inggried Gorap, S.E., M.M. (Fakultas Ekonomi).
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru sekolah mitra (SMKS Gunung Sari 1 Makassar) ditemukan beberapa permasalahan, yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik untuk beberapa mata pelajaran yang mungkin disebabkan pengetahuan dan pengalaman guru dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menarik.

Bacaan Lainnya

Selain itu sekolah belum memiliki LMS/e-learning yang dapat dijadikan keseragaman acuan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Hal ini sangatlah penting itu dimiliki sehingga peserta didik tidak bingung dengan berbagai jenis platform dari guru yang berbeda.

Kegiatan ini awalnya hanya melibatkan guru di SMKS Gunung Sari 1 Makassar, akan tetapi karena mengingat kegiatan ini dapat dilakukan online maka Tim PKM juga menyebarkan flyer dan menyeleksi peserta yang memenuhi dan serius untuk mengikuti kegiatan PKM ini. Terdapat 51 peserta, yang tersebar dari berbagai propinsi di Indonesia dimulai dari Aceh Timur (1), Sumatera Utara (1), Jambi (2), Kep. Bangka Belitung (1), Lampung (2), Jawa Tengah (1), Jawa Timur (2), Kalimantan Selatan (13), Kalimantan Tengah (1), Kalimantan Timur (1), Sulawesi Selatan (23), Maluku (1), dan Papua (2). Ke-51 peserta ini juga berasal dari profesi berbeda, yaitu Guru (35 peserta), Tenaga Kependidikan (11), Kepala Sekolah (2), Dosen (2), dan Pengawas (1).

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada peserta PKM mengenai pembelajaran sinkron dan asinkron melalui pemanfaatan Microsoft 365. Selain itu peserta juga diwajibakan untuk melakukan praktek pada setiap fitur Microsoft 365, seperti Microsoft Teams, OneDrive dan Office Online, Microsoft Form, Microsoft Sway, Onenote Class Notebook. Dengan demikian, peserta akan terlatih menerapkan berbagai aplikasi Microsoft 365 yang pemilihannya tentu berdasarkan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran mata pelajaran yang diajarkan.
Kegiatan ini dilaksanakan secara online dan offline pada tanggal 5 – 10 Juli 2020. Kegiatan Online dilakukan bagi peserta diluar mitra dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams, sedangkan bagi sekolah mitra, para guru dapat berkumpul di sekolah (dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan) dan Tim PKM mengunjungi langsung ke sekolah apabila mereka menemukan kesulitan yang tidak bisa diatasi.

Setelah mengikuti pelatihan melalui webinar, semua peserta diarahkan untuk mengerjakan tugas sesuai dengan paparan materi yang diberikan dengan batas waktu pengumpulan tugas pada tanggal 14 Juli 2020. Setelah melalui pendampingan dari Tim PKM akhirnya para peserta dapat memahami materi dan menyelesaikan tugas yang diberikan sebagai bukti bahwa peserta telah memahami materi yang ditawarkan pada PKM ini.

Sebagai bentuk apresiasi, Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra, Prof. Dr. Syukur Saud, M.Pd., memberikan sertifikat bernilai 32 JP kepada para peserta. Sebagai tambahan kegiatan ini didukung oleh komunitas guru inovatif dan PT. Microsoft Indonesia dengan memberikan akun office 365 secara gratis.

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Adapun testimoni peserta dari berbagai wilayah di Indonesia adalah sebagai berikut:

Raga Aksara, S.Pd (Guru SDN 2 Sidoharjo Kec. Jati Agung, Propinsi Lampung)
Kegiatan PKM Microsoft 365 yang di laksanakan oleh FBS UNM dengan Trainer Miss. Lely Novia sangat baik, dalam penyampaian materi dan bimbingan pengumpulan tugas. Serta menambah wawasan baru bagi saya sebagai peserta untuk bahan pembelajaran serta metode belajar terutama dimasa pandemi COVID 19. Memudahkan guru untuk berinovasi dalam pembelajaran dengan menggunakan materi Ms. Office 365 yang telah di berikan oleh Miss. Lely Novia. Saya mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya terhadap penyelenggaran pelatihan ini baik untuk Office 365, Master Trainer, dan trainer, serta pihak kampus UNM. Semoga kedepannya bisa diadakan kembali kegiatan seperti ini oleh pihak kampus, serta lebih banyak peserta yang diajak untuk mengikuti kegiatan tersebut.

WARDLATUL JANNAH, S.Pd (Guru SMP NEGERI 11 BANJARMASIN, Propinsi Kalimantan Selatan)
Saya sangat tertarik, dan merasa sangat beruntung bisa mengikuti pelatihan Microsoft Office 365 ini. Saya mendapat banyak pengetahuan dan ilmu baru dalam kegiatan pembelajaran terutama yang berhubungan dengan teknologi, tidak hanya mengenal tentang Google Classroom, Zoom, Google Meet yang sudah saya ketahui secara terpisah. Ternyata dengan Office 365 ini semua fiturnya lengkap. semua ada dalam 1 wadah yang compact sehingga sangat mudah dalam mengelolanya baik bagi guru dan juga bagi siswa. Mereka tidak perlu keluar masuk dari 1 aplikasi dan masuk lagi ke aplikasi lainnya. Tapi mereka cukup memiliki 1 akun office 365 mereka bisa belajar dengan mudah, terlepas dari keterbatasan kuota dan jaringan. Hanya yang disayangkan bahwa Office 365 ini tidak bisa di pakai sepenuhnya bagi sekolah-sekolah yang tidak memiliki website sekolah, sehingga dapat di daftarkan akun Microsoftnya. Sehingga tidak bisa dipakai secara luas, jadi sifatnya masih terbatas. Alangkah baiknya jika dapat digunakan oleh semuanya. sehingga pendidikan Indonesia bisa lebih maju, mungkin Office 365 dapat dipakai seterusnya tidak hanya untuk pembelajaran daring selama Pandemik saja, tetapi untuk selamanya sehingga dapat mempermudah dalam kegiatan pembelajaran, adminstrasi dan juga penilaian. Fitur-fitur yang menarik menurut saya adalah Sway, Office Online, dan OneNote.

  1. Asri, SE (Guru SMKN 1 Bantaeng, Propinsi Sulawesi Selatan)
    Pengalamam yang sangat luar biasa bisa mempelajari Office365 dengan berbagai aplikasi yang ada di dalamnya kami sebagai seorang pendidik sangat terbantu dengan kegiatan tersebut dan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh di tengah masa Pandemi Covid-19. Yang sangat menyenangkan lagi selain dapat berkenalan dnegan berbagai macam pendidik dari berbagai propinsi disini juga kami sangat terbantu dengan perhatian yang luar biasa dari Mentor pada Kegiatan Desiminasi Office355 yang meluangkan banyak waktu dan tenaga agar kami semua bisa memahami bagaimana memanfaatkan Office365 tersebut, tidak mengenal lelah mengajari kami yang baru dengan teknologi tersebut. Terima Kasih Bu Sukses selalu.

YUNI SAFRIDA HUTAGAOL, S.Pd (Guru SMA NEGERI 1 TANJUNG BALAI, Propinsi Sumatera Utara)
Dalam masa pandemi Covid-19 ini kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan dari tatap muka menjadi daring. Hal ini tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi saya guru untuk mempersiapkan diri dalam hal mengajar melalui metode daring. Salah satunya dengan mengikuti PKM FBS UNM, yaitu pelatihan microsoft 365 yang dibimbing oleh Ms Lely Novia, S.Pd., M.Hum salah satu dosen di FBS UNM. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi saya karena memudahkan dalam proses belajar mengajar melalui daring. Banyak ilmu yang bermanfaat yang saya peroleh. Terima kasih saya ucapkan kepada FBS UNM yang telah mengadakan kegiatan PKM Microsoft 365 dan khususnya kepada Ms Lely Novia, S.Pd, M.Hum yang telah membimbing saya selama mengikuti kegiatan ini. Semoga kedepannya FBS UNM semakin jaya.

Alex Pairunan, S.Pd., Gr (Guru SMP Negeri Satu Atap Ilugwa, Propinsi Papua)
Kegiatan PKM Microsoft 365 ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan, informasi, pengetahuan, pengalaman dalam memanfaatkan teknologi informasi demi kemajuan perkembangan pendidikan masa kini dan dapat lebih menarik minat dan motivasi siswa mempelajari pelajaran secara online.

Sukardi Weda salah satu dosen Bahasa Inggris yang juga Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Makassar (UNM) menyambut baik kegiatan PKM Microsoft 365. Kegiatan ini memberikan manfaat kepada peserta dalam pembelajaran daring (online), ujar Sukardi Weda. Sukardi Weda juga memberikan apresiasi kepada tim yang telah melakukan kegiatan PKM. (rilis/uba)

Terkait