Silaturahmi ke Sarajayya, Kak Syam Masuk ke Kamar Bersejarah

Inilah rumah bersejarah Balla Sarajayya di Kecamatan Herlang, Bulukumba yang dikunjungi pendiri Kopel, Syamsuddin Alimsyah. (foto ist)

STARNEWS.ID, BULUKUMBA- Pendiri KOPEL Indonesia, Syamsuddin Alimsyah lakukan kunjungan silaturahmi dengan keluarga Balla Sarajayya di Kecamatan Herlang, Jumat (29/11/2019).

Kunjungan ini selain untuk silatirahmi dengan keluarga juga sebagai bagian dari agenda penggalian potensi wisata desa.

Muat Lebih

Ballasarajayya merupakan rumah bersejarah yang dibangun sekitar tahun 1942 dan belum direnovasi sampai saat ini. Di Ballasarajayya ini terdapat benda benda pusaka.

“Saya masih anak anak sekitar tahun 1942 zaman pendudukan Jepangvdan rumah ini sudah ada,” ujar Andi Sudai.

Dalam kunjungannya, Kak Syam, begitu biasa disapa, mendapat sambutan hangat dari keluarga Ballasarajayya, Andi Arifin bersama keluarga Sarajayya di Borong Kecamatan Herlang.

Suasana silaturahim kak Syam dengan Keluarga Balla Sarajayya, yang disambut dengan hangat. (foto ist)

Juga hadir beberapa tokoh masyarakat dan Babinsa. Kak Syam yang juga orang Herlang mengaku sangat terharu dengan keramahan dan penghargaan keluarga Sarajae. Terutama juga sikap terbuka atas sejarah keberaadan rumah Ballasabajayya yang tidak lepas perjalanan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Kak syam mengaku menghargai kepedualian keluarga Ballasajayya yang selama ini setia menjaga dan merawat kelestarian rumah penuh jejak sejarah ini.

“Ini luar biasa. Ini harusnya dilindungi. Ini bukti jejak sejarah. Ini adalah sumber ilmu pengetahuan. Ada pepatah. Siapa buta sejarah maka jalan menuju ke depan juga akan suram. Saya berharap pemerintah bisa turun tangan. Ini kekayaaan kita semua,” kata Kak Syam.

Sementara itu, salah satu keluarga Sarajae, Andi Askar mengaku berterima kasih atas kunjungan Kak Syam.

Dalam kunjungan ini, kak Syam mendapat penghargaan untuk masuk ke dalam kamar dan melihat beberapa bukti dan jejak benda bersejarah dalam rumah tersebut. (star1)

Pos terkait