Polres Gowa Tangkap Empat Pelaku Pencurian Emas

Kapolres Gowa, AKBP Budi Susanto didampingi Kasubag Humas Polres Gowa, AKP M Tambunan sedang menginterogasi pelaku pencurian emas 200 gram di Mapolres Gowa, Senin (1/2/2021). (Foto : Humas Polres Gowa)

STARNEWS.ID,GOWA— Tim Anti Bandit Sat Reskrim Polres Gowa berhasil mengungkap kasus pencurian emas seberat 200 gram. Empat orang yang diduga kuat terlibat diringkus.

Satu dari empat orang itu merupakan pelaku utama. Inisialnya SDT (30). Sementara tiga orang lainnya adalah penadah. Yaitu TT alias I (40), SDN (42), dan HS (53).

Bacaan Lainnya

Kapolres Gowa, AKBP Budi Susanto menjelaskan, korban pencurian emas ini bernama Hj Norma. Berdomisili di Benteng Somba Opu, Dusun Tombolo, Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga.

Adapun kronologis kejadian, berawal saat korban meminta pelaku utama mengecat rumahnya.

Pelaku melancarkan aksinya saat korban tidak berada di rumah. Pengakuan pelaku saat diinterogasi, emas yang dicurinya itu disimpan di dalam kamar dibawah tempat tidur korban.

“Selain emas 200 gram, pelaku juga menggasak tujuh buah perhiasan,” ungkap Budi dalam konferensi pers di Mapolres Gowa, Senin (1/2/2021).

Dari total 200 gram emas yang dicuri, baru sebagian dijual. Salah satunya cincin 7 gram dijual kepada TT alias I dan SN dengan harga Rp3. 250.000.

Setelah kedua penadah menguasai cincin emas lalu menjualnya kepada penadah III yakni AS sebesar Rp4.900.000 selanjutnya dilebur untuk diolah kembali.

“Keterlibatan penadah cukup kuat. Apalagi penadah ini sempat mengelabui pelaku utama dengan cara mengurangi timbangan menjadikan emas tersebut seberat 5 gram. Sisa emas yang belum digadaikan diamankan dari tangan pelaku,” terangnya.

Kasubag Humas Polres Gowa, AKP Tambunan menambahkan, para pelaku dikenakan Pasal 362 KUHP dan Pasal 480 KUHP. “Ancaman hukumannya antara 5 hingga 7 tahun penjara,” sebut Tambunan. (rus)


Pos terkait