Program Studi Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra UNM Gelar Workshop Mendeley

Suasana workshop Mendeley yang diikuti sekitar 60 dosen dan mahasiswa. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Program Studi Sastra Inggris FBS UNM menghelat Workshop Mendeley di Ruang Senat FBS UNM (Kamis, 13 Agustus 2020). Kegiatan Pelatihan Mendeley ini diikuti oleh sekitar 60 dosen dan mahasiswa bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar (FBS UNM), yang berlangsung secara blended (offline dan online).


Prof Murni Mahmud Ph D yang juga Ketua Program Studi Sastra Inggris FBS UNM mengatakan bahwa Workshop Mendeley tersebut bertujuan untuk memberikan pelatihan skill membuat references dan citation dalam penulisan karya ilmiah. Workshop ini sangat membantu mahasiswa dlm rangka menghasilkan tugas akhir atau skripsi yang berkualitas, ujar Prof Murni Mahmud.

Bacaan Lainnya

Ia juga menambahkan Mendeley ini merupakan salah satu aplikasi yg sangat baik dalam menelaah references yg merupakan hal penting dalam penulisan skripsi, artikel, dan karya ilmiah lainnya. Masalah yg banyak terjadi adalah banyak kutipan yang tidak ada sumber referensinya. Hal ini bisa menyebabkn terjadinya plagiarisme, tegasnya.

Dengan aplikasi Mendeley ini, mahasiswa akan terbantu dalam menulis skripsi dan artikelnya. dalam pelatihan tersebut, hadir narasumber Andi Anto Patak, S. Pd, M.Pd, Ph.D yang merupakan pembicara handal dalam bidang Mendeley. Andi Anto Patak juga memiliki pengalaman sebagai penulis artikel pada jurnal internasional terindeks Scopus. Beliau memiliki banyak publikasi yang terindeks oleh Scopus, papar Prof Murni Mahmud.

Sukardi Weda yang juga salah satu dosen Program Studi Sastra Inggris FBS UNM menyambut baik pelatihan Mendeley tersebut.

Menurut Sukardi Weda, Pimpinan Program Studi perlu diberikan apresiasi karena memiliki kepedulian untuk memberikan wawasan kepada dosen dan mahasiswa untuk menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk artikel yang layak untuk publikasi pada jurnal nasional dan internasional bereputasi yang juntrungannya akan mengangkat citra institusi UNM.

Sukardi Weda yang juga reviewer dan editor di sejumlah jurnal nasional dan internasional terindeks Scopus berpesan akademisi identik dengan tulis menulis, oleh karena itu mari menuangkan ide cemerlang berbasis riset untuk publikasi artikel ilmiah pada jurnal nasional dan internasional. (uba)

Terkait