PTSL Diharapkan Kurangi Jumlah Kasus Sengketa Tanah


STARNEWS.ID, PINRANG — Program strategis nasional, pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) terus berjalan. Wakil Bupati (Wabup) Pinrang, Alimin pun menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis di Ruang Pola Kantor Bupati Pinrang, Kamis (30/7/2020).

Melalui program strategis nasional pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) dan Redistribusi Tanah Kabupaten Pinrang tahun 2020 itu, sebanyak 2.614 lembar sertitikat siap dibagikan. Namun hanya 260 sertifikat yang akan diserahkan secara simbolis.

Bacaan Lainnya

Ribuan sertifikat dan bidang tanah tersebut tersebar di 12 desa/kelurahan dari 6 kecamatan yang sudah melakukan permohonan pembuatan sertifikat melalui program pemerintah.

Diketahui, program PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam satu wilayah desa maupun kelurahan.

“Pendaftaran tanah sistematis lengkap yang biasa disebut PTSL adalah program nasional yang bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum terhadap hak atas nama yang disediakan oleh masyarakat,” ujar Wabup Pinrang, Alimin.

Seperti diketahui, tanah merupakan salah satu aset yang rentan dengan persengketaan. Sehingga harus dikelola secara aman melalui pembuktian kebenaran kepemilikan tanah dengan sebuah sertifikat.

Makanya, melalui program PTSL, pemerintah memberikan peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan tanah miliknya secara sah di mata hukum.

Pemkab Pinrang, lanjut Alimin, sangat mendukung dan berharap dengan adanya program PTSL tersebut, masyarakat yang telah sertifikat tersebut bisa dijadikan sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya guna dan peningkatan kesejahteraan hidupnya.

Terpenting, program PTSL diharapkan dapat menekan jumlah kasus sengketa tanah, termasuk di Pinrang.

Olehnya itu, kerja sama berbagai pihak, terutama para camat, lurah dan kepala desa sangat dibutuhkan agar program terkait bisa sukses sebagaimana diharapkan bersama.

“Alhamdulillah pada hari ini akan di serahkan sertifikat tanah sebanyak 2.614 bidang yang tersebar di 12 desa/kelurahan dari 6 kecamatan yang sudah melakukan permohonan pembuatan sertifikat melalui program pemerintah, yakni program PTSL,” ucapnya.

Turut hadir dalam penyerahan sertifikat, Kepala Pertanahan Kab Pinrang, Andi Mappatunru, Staf Ahli Pemkab Pinrang, Abd Rahman Usman, Kadispora Pinrang, Aswadi Haruna Tjaldjo, Asisten II Pinrang, Chandra Yasin. (tha/dam)

Terkait