Puasa ke-13, Kadisdik Sulsel Khatam Alqur’an Bersama Guru dan Siswa SMAN 6 Gowa

Guru dan siswa SMA Negeri 6 Gowa mengikuti kegiatan Khatam Alquran via aplikasi Zoom, Minggu (25/4/2021). Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kadisdik Sulsel, Prof Muhammad Jufri. (Foto : Rusli Haisarni)

STARNEWS.ID,GOWA— SMA Negeri 6 Gowa menjadikan bulan suci Ramadan 1442 Hijriah sebagai momentum meningkatkan ketakwaan. Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan Khatam Alquran pada hari ke-13 puasa, Minggu (25/4/2021).

Khatam Alquran yang digelar secara virtual via zoom meeting itu diikuti langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, Prof Muhammad Jufri bersama guru dan siswa SMA Negeri 6 Gowa.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannnya Muhammad Jufri mengapresiasi kegiatan Khatam Alqur’an yang diinisiasi oleh Kepala UPT SMA Negeri 6 Gowa, Erwin Wijaya. Termasuk juga semangat guru dan siswa untuk melakukan kegiatan membaca Ayat Suci Alquran secara bersama-sama di bulan Ramadhan.

Kata dia, kegiatan Khatam Alquran ini sejalan dengan program literasi Alquran yang dicanangkan Disdik Sulsel selama ini.

“Selain pahala yang besar, In sya Allah momen ini menjadi sarana menanamkan nilai-nilai Alquran dalam diri kita semua. Khususnya civitas SMA Negeri 6 Gowa. Sehingga menuntun dan mempermudah semua aktifitas kita termasuk aktifitas belajar,” ujar Jufri.

Jufri mengawali pembukaan kegiatan Khatam Alquran SMA Negeri 6 Gowa dengan membaca surat Al Mulk. Setelah itu dilanjutkan surat lainnya oleh guru dan siswa SMA Negeri 6 Gowa.

Jufri berharap, kegiatan Khatam Alquran ini sekaligus menjadi momentum perekat dalam meningkatkan hubungan silaturrahmi civitas SMA Negeri 6 Gowa.

Ia juga mendoakan agar majelis yang ikut kegiatan Khatam Alquran dirahmati oleh Allah SWT.

“Semoga puasa kita selalu terjaga di 17 Ramadhan berikutnya. Bangun silaturahmi yang kuat, tidak ada yang terbaik kecuali bapak ibu guru selalu berkomunikasi menyamakan visi untuk membawa sekolah ini menjadi tempat bagi para guru dan anak-nak kita untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang luar biasa,” pesan Jufri.

Kepala UPT SMAN 6 Gowa, Erwin Wijaya menyampaikan rasa bahagia atas kehadiran Kadisdik Sulsel sekaligus memotivasi para guru dan siswa. “Alhamdulillah beliau (Kadisdik Sulsel,red) dari awal sampai akhir menemani kita dalam membaca ayat suci Alquran. Mulai dari Juz 29 sampai dengan Juz 30,” ucap Erwin.

Lebih jauh Erwin menerangkan,
kegiatan Khatam Alquran ini menjadi pogram prioritas semua sekolah SMA di Sulsel. Tak terkecuali sekolahnya.

Senada dengan Kadisdik Sulsel, Erwin juga mengatakan, bahwa Khatam Alquran yang dilaksanakan di bulan suci Ramadan ini sebagai momentum mendapatkan pahala yang lebih banyak.

“Awalnya kami cuma menggagas 1 juz setiap hari, namun semangat para majelis untuk menuntaskan 2 sampai 3 juz setiap hari. Dan alhamdulillah bisa khatam di hari ke 13 puasa ramadhan ini,” terangnya.

Diakui, pelaksanaan program ini tak berjalan begitu mudah. Ada beberapa hambatan. Diantaranya tidak semua siswa mampu dan lancar membaca Al-Quran. Bahkan ada juga guru dan staf yang kondisinya demikian. Belum lagi kendala jaringan.

“Namun hambatan itu justru bernilai positif. Dimana program ini bisa menjadi kesempatan emas bagi kita semua untuk belajar membaca Al-Quran dengan lebih intensif. Begitupun soal kendala jaringan. Saat ada gangguan jaringan, loading pada aplikasi yang digunakan jadi lambat. Akan tetapi alhamdulillah semua bisa berjalan lancar dan terdokumentasi dengan baik sampai akhir kegiatan,” bebernya.

Erwin mengaku, selama bulan suci Ramadhan ini, pihaknya fokus menggenjot program bernuansa keagamaan. Pasca program Khatam Alquran ini, selanjutnya guru dan siswa SMA Negeri 6 Gowa melakukan kegiatan belajar bersama atau dirosah bacaan Alquran.

Tujuannya, agar guru dan siswa bisa lebih lancar atau fasih baca Alquran. Tidak cuma sampai disitu saja. SMA Negeri 6 Gowa juga akan melaksanakan kegiatan amaliah lainnya yaitu program One Teacher One Alquran.

Dimana satu guru menyumbang satu Alquran yang merupakan gagasan/ide Dinas Pendidikan Sulsel.

“Alhamdulillah program ini sangat kami apresiasi. Semua guru bahagia untuk beramal jariah, Insya Allah Senin besok kami akan memulai kegiatan tersebut,” tandas Erwin.

Senada dengan kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, SMA Negeri 6 Gowa, Muhammad Iqbal, menyambut positif kegiatan Khatam Alquran ini.

Pria yang juga berperan sebagai Imam kelurahan ini mendukung Khatam Alquran ini dilaksanakan secara rutin setiap bulan suci Ramadhan.

“In sya Allah kegiatan ini akan mendekatkan kita kembali kepada Alquran dan sang Khalik, dimana keseharian kita lebih banyak membaca dan memegang HP,” tutupnya. (rus)


Pos terkait