Puskesmas di Gowa Sosialisasi Pelaksanaan Vaksin Covid-19

PALLANGGA,STARNEWS.id-—- Kabupaten Gowa telah siap menerima distribusi vaksin Covid-19. Sejumlah puskesmas di daerah ini bahkan sudah melakukan simulasi pelaksanaan Covid-19.

Puskesmas Pallangga misalnya. Puskesmas Pallangga telah melakukan simulasi pelaksanaan vaksin coronavirus desease 2019, Jumat, (8/1/2021).

Untuk tahap pertama Gowa mendapatkan 2.155 dosis vaksin Covid-19. Kepala Pusksesmas Pallangga, dr Tri Oktaviani mengungkapkan khusus nakes di Pallangga sebanyak 115 orang yang telah didaftarkan.

“Ada 115 nakes kita siap divaksin. Meliputi 55 tenaga ASN dan 60 non ASN. Semua sudah kita daftarakan dan siap berpartisipasi dalam memutus mata rantai penularan Covid19,” ungkapnya.

Ia berharap vaksin ini bisa bermanfaat. Apalagi tren penularan Covid-19 belakangan ini sangat meningkat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Gaffar mengatakan pemberian vaksin ini akan dilakukan secara bertahap.

“Sesuai arahan pusat untuk tahap ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan kita dan jatah Gowa 2.155 dosis vaksin setelah semua itu terpenuhi baru kepada masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan pelaksanaan vaksin akan serentak dilaksanakan pada 15 Januari 2021 mendatang di seluruh kabupaten/kota hingga Februari.

“Semua akan serentak pada 15 Januari, tetapi pelaksanaan setiap harinya akan dibatasi. Misalnya hari ini dilakukan vaksin kepada sepertiga dari lokasi tersebut nanti dua hri kemudian baru dilakukan kembali bagi yang belum itu,” jelasnya.

Adapun prosedur pelaksanaan vaksin kata dr Gaffar yakni pendaftaran atau pencocokan data/list yang sudah terdaftar sekaligus pengukuran suhu tubuh, kemudian screening untuk mengetahui adakah kontradiksi yang dimiliki atau gejala-gejala lain seperti riwayat penyakit, selanjutnya tindakan vaksin di lengan kiri peserta dan observasi atau keluhan yang dirasakan setelah tindakan tadi.

“Prosedur ini sesuai modul dari kementerian nantinya setelah selesai akan ada kartu penanda bahwa peserta ini telah melakukan vaksin,” tambah dr Gaffar.

Selain itu dr Gaffar mengaku simulasi ini dilakukan agar saat pelaksanaan nanti tidak ada kebingungan bagi peserta maupun petugas. Bahkan pihaknya membeberkan akan ada pelatihan bagi vaksinator di seluruh wilayah Kabupaten Gowa.

“Tenaga kesehatan yang akan melakukan vaksinasi (vaksinator) juga sudah siap di 26 puskesmas, Pelatihan Vaksinator juga dilakukan sekitar 5-10 orang per puskesmas yang disediakan,” pungkasnya.(rus)


Pos terkait