Raider 431/SSP Jatpok Lintar di Lapangan Tembak Gudmurah Maros

Suasana latihan menembak prajurit Raider 431/SSP Jatpok Lintar di Gudmurah, Maros. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAROS – Prajurit Yonif Para Raider 431/SSP melaksanakan latihan menembak lintar (Lintas Datar) dipimpin Danyonif Para Raider 431/SSP Letkol Inf A A Gede Rama CP. Menembak adalah salah satu kemampuan dasar setiap prajurit yang harus dikuasai dan mahir, sedangkan memelihara kemampuan menembak merupakan bentuk olah keprajuritan guna mendukung pelaksanaan tugas pokok sebagai prajurit khususnya menembak senjata kelompok, pelaksanaan latihan menembak senjata kelompok lintar diawasi oleh 4 orang dari Denpal Divif 3 Kostrad dan Paldam XIV/Hsn Yaitu Sertu Rahman, Pratu Sigit, Praka Kukuh dan Prada Joni bertempat di Lapangan Tembak Gudmurah Desa Sambueja Kabupaten Maros. (Rabu dan Kamis tanggal 24 dan 25 Juni 2020)

Pelaksanaan latihan menembak lintar hanya diikuti oleh prajurit Yonif Para Raider 431/SSP yang memiliki jabatan/indeks senjata tertentu seperti Penembak Senjata Mesin Berat (SMB), Penembak Senjata Otomatis (SO) Minimi, Penembak Senjata Mesin Sedang (SMS) dan Penembak Senjata Mesin Ringan (SMR). Dengan materi menembak jarak 100, 200 dan 300 meter, adapun senjata kelompok yang digunakan pada pelaksanaan latihan menembak senjata kelompok ini antara lain SO Minimi, SMB, SMS dan SMR.
Kegiatan menembak senjata kelompok ini merupakan salah satu pembinaan latihan yang tanggung jawab Komandan, agar keterampilan dan kemampuan yang dimiliki oleh prajurit di satuan dapat terpelihara secara optimal, sehingga diperlukan suatu pembinaan latihan yang terarah yang benar dapat mencapai tujuan latihan secara berdaya guna serta berhasil untuk mendukung tugas pokok satuan.

Bacaan Lainnya

Tamunisi dapat mengetahui dengan pasti babak-babak penembakan pada senjata lintar dan juga kegiatan latihan ini nantinya dapat bermanfaat juga meningkatkan kemampuan personel awak senjata kelompok dalam menembak senjata otomatis sehingga kedepan dengan adanya latihan ini personel Yonif Para Raider 431/SSP akan semakin profesional dalam melaksanakan tugas sesuai dengan yang diharapkan.

Danyonif Para Raider 431/SSP Letkol Inf A A Gede Rama CP S.Sos mengatakan latihan menembak senjata kelompok lintar ini merupakan latihan yang terjadwal sesuai dengan kalender latihan serta direktif latihan yang ada pada program kerja TA. 2020 sehinggga dengan adanya latihan menembak senjata kelompok lintar ini, personel yang terlibat sebagai awak senjata kelompok lintar dapat mengerti dan mampu menembakan senjata pegangan sendiri sehingga nantinya personel Danyonif Para Raider 431/SSP Letkol Inf A A Gede Rama CP S.Sos akan mahir dalam menembak senjata kelompok sesuai dengan yang diharapkan.

Kapten Inf Amir Syarifuddin selaku Danlat memberikan pengetahuan kepada seluruh prajurit tentang teknik penggunaan senjata secara aman dan benar, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam kedinasan maupun dalam tugas operasi di medan sesungguhnya. (uba)

Terkait