Raih Kota Inovasi Terbaik di Sulsel, Wali Kota Parepare : Karakter Kebijakan Melekat di SKPD 

Nampak Plt Gubernur Sulsel menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Parepare sebagai Kota Inovasi Terbaik Pertama di Sulsel, (foto pemkot parepare)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Kota Parepare kembali mengukuhkan diri sebagai Kota Inovasi terbaik. Hal itu diketaui setelah Pemkot Parepare dianugerahi sebagai daerah dengan Inovasi Terbaik se-Sulsel pada Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021, yang dilaksanakan Bappenas yang difasilitasi oleh Bappelitbangda Sulsel dan diumumkan pada saat Musrenbang RKPD Pemprov Sulsel, di Hotel Claro, Kamis (8/4/2021).

Parepare menempati peringkat pertama terbaik, disusul Kota Makassar peringkat dua, dan Kabupaten Bulukumba peringkat tiga.

Bacaan Lainnya

Penghargaan diserahkan langsung Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kepada Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Dalam sambutannya, Andi Sudirman meminta kepala daerah untuk membantu dirinya merumuskan bersama pembangunan Sulsel. Mengingat, beberapa kepala daerah diakuinya cerdas dalam membangun sebuah daerah. Salah satunya Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

“Saya tidak mau sendirian, kerena di depan saya banyak orang-orang cerdas. Saya banyak belajar dari Pak Taufan Pawe, Wali Kota Parepare. Saya juga belajar dari Danny Pomanto (Wali Kota Makassar). Saya sharing ilmunya. De’u sakkareng’i,” ungkap Andi Sudirman disambut tepuk tangan riuh para undangan.

Taufan Pawe usai menerima penghargaan mengemukakan, inovasi sudah menjadi kewajiban pada seluruh jajaran Pemkot Parepare. Menurutnya, sejak tiga tahun lalu dirinya mencanangkan sebagai Tahun Inovasi. Jadi setiap tahun dilakukan perlombaan inovasi terhadap semua perangkat 34 SKPD Pemkot Parepare.

“Itulah karakter dan sifat dari kebijakan saya itu melekat untuk semua SKPD. Outputnya bukan kali ini saja kita raih inovasi terbaik. Karena skala nasional kita juga sering raih. Karena inovasi itu menurut saya adalah langkah-langkah terobosan dan kerja responsif yang harus dilakukan demi mensejahterakan masyarakat,” kata Taufan Pawe yang kini menggenapkan penghargaan yang ke-186 diberikan untuk Parepare.

Sementara Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha mengatakan, penghargaan PPD dengan kategori peringkat pertama dalan Inonvasi Pembangunan Daerah yang diraih Pemkot Parepare terasa spesial. Bagaimana tidak, Pemkot Parepare mewakili Pemprov Sulsel ke tinggkat nasional pada perlombaan yang sama.

“Alhamdulilah Parepare juga masuk 17 terbaik yang mewakili Provinsi Sulawesi Selatan. Penghargaan ini bakal kita jadikan pemicu untuk menjadi lebih baik lagi dan berusaha terus meraih penghargaan kedepaannya. Apalagi kita selalu mendapat dukungan dari Bapak Wali Kota (Taufan Pawe),” kata Sekretaris Bappeda Kota Parepare, Zulkarnaen Nasrun mewakili Kepala Bappeda.

Dirinya menambahkan, untuk penghargaan kali ini, Pemprov Sulsel mengapresiasi dua inovasi andalan Pemkot Parepare yakni Berdaya Srikandi Oleh Srikandi dan Inovasi Perencanan Pagu Wilayah Kecamatan.

“Inovasi yang kita angkat di sini ada dua yang sudah menjadi adalan Pemkot Parepare. Berdaya Srikandi Oleh Srikandi yang sudah mendapatkan pengharagaan hingga tingkat nasional bahkan sudah sampai tingkat dunia. Sementara satunya lagi inovasi perencanaan pagu wilayah per kecamatan. Dan itu yang tidak ada di daerah lain,” pungkasnya. (*/uba)


Pos terkait