Rawan Tumbang, Pohon Ketapang di RSUD Syekh Yusuf Dikeluhkan

Pohon ketapang yang tumbuh besar di area bagian belakang RSUD Syekh Yusuf Gowa diabadikan, Selasa (4/5/2021). (Foto : Rusli Haisarni)

STARNEWS.ID,GOWA— Pohon ketapang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf, Gowa jadi sorotan masyarakat.

Keberadaan sejumlah pohon ketapang di area belakang rumah sakit kebanggaan masyarakat Gowa tersebut rawan tumbang. Sehingga berpotensi membahayakan.

Bacaan Lainnya

Selain badan pohon sudah terlihat miring, juga sebagian akarnya telah terangkat. Ironisnya, letak pohon ketapang itu sangat berdekatan dengan beberapa gedung pelayanan RSUD Syekh Yusuf.

Diantaranya gedung gizi, covid center, kamar mayat, laboratorium serta gudang genset listrik. Salah seorang pengunjung RSUD Syekh Yusuf, Nurdiansyah menyatakan sangat khawatir melihat kondisi pohon ketapang tersebut. Ia berharap perhatian dari pihak rumah sakit untuk menebang pohon ketapang tersebut.

“Melihat kondisi pohon ketapang itu sewaktu-waktu bisa tumbang. Sangat berbahaya kalau tidak secepatnya ditebang,” keluh Nurdiansyah, Selasa (4/5/2021).

Kata dia, tak hanya mengancam gedung pelayanan RSUD Syekh Yusuf yang letaknya berdekatan dengan pohon ketapang itu. Tapi juga membahayakan warga dan kendaraan pengunjung RSUD Syekh Yusuf.

“Belum lagi itu kabel listrik yang sangat banyak terjuntai tak beraturan di atas pohon ketapang betul-betul bikin khawatir,” risaunya.

“Ini RSUD Syekh Yusuf kan instansi pelayanan kesehatan publik. Mestinya hal-hal yang bisa membahayakan pengunjung diperhatikan. Sebelum jatuh korban,” tambahnya.

Pegawai RSUD Syekh Yusuf yang enggan disebut identitasnya mengakui keberadaan pohon ketapang itu sudah lama dikeluhkan.

Bahkan, permintaan agar pohon ketapang itu ditebang saja kepada pimpinan RSUD Syekh Yusuf telah sering disampaikan. Hanya saja, tak pernah digubris.

“Kita pasrah saja. Apalagi sudah pernahmi memang ada kejadian ranting pohon ketapang itu patah dan menimpa atap salah satu gedung rumah sakit,” ungkapnya.

Belum ada tanggapan dari pihak pimpinan RSUD Syekh Yusuf terkait keluhan pohon ketapang tersebut. Plt RSUD Syekh Yusuf sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin yang coba dikonfirmasi via nomor whatsappnya tidak memberi respon. (rus)


Pos terkait