Realisasi Anggaran Rendah, Dinkes Polman Dinilai Lalai


STARNEWS.ID, POLMAN — Rombongan legislator Polewali Mandar (Polman) mendatangi Dinas Kesehatan, Kamis (23/7/2020). Sekaitan sinkronisasi Banggar Bupati Polman 2019.

Para legislator tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Polewali Mandar Jupri Mahmud. Turut pula, Wakil Ketua DPRD Polman Amiruddin, Ketua Komisi I Lukman dan beberapa anggota DPRD Polman lainnya.

Ketua DPRD Polman Juri Mahmud mengatakan, kunjungan dilakukan untuk menindaklanjuti rapat Banggar pada pekan lalu. Yakni berkaitan dengan penyerahan Ranperda APBD Pertanggungjawaban Bupati Polman 2019.

“Kita turun melakukan kroscek realisasi anggaran kegiatan di 2019 dan apa saja yang sudah dicapai. Selama satu minggu ini kita lakukan pendalaman di beberapa OPD yang dianggap masih terdapat masalah,” terang Jupri Mahmud.

Saat di Dinkes Polman, Jupri Mahmud meminta klarifikasi terkait program peningkatan layanan kefarmasian yang nilainya Rp6,6 milyar dan hanya tereliasasi Rp3,6 milyar saja atau realisasinya 54 persen.

“Ada tiga milyar anggaran tersebut yang tidak direalisasikan Dinas Kesehatan. Dan kami dari DPR sangat menyayangkan hal ini dan klarifikasi dri Dinkes ini tidak masuk diakal karena katanya human erornya salah satu staf operator lalai dalam menginput karena dihari terakhir penginputan operatornya menikah,” akunya.

Menurutnya hal tersebut adalah kelalain karena ada fungsi yang tidak berjalan yakni fungsi kontrol kuasa pengguna anggaran dan PPTK juga ikut lalai karena tidak mengontrol penginputan.

Kemudian pada program Jampersal realisasi anggarannya juga rendah. Dianggarkan Rp3,9 milyar namun yang tereliasasi hanya Rp1,7 milyar atau 45 persen saja dan ini sifatnya masih klarifikasi awal yang akan dikembangkan lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Polman Suaib Nawawi menyambut baik kunjungan para wakil rakyat Polman.

“Kunjungan anggota DPR untuk meihat perkembangan penggunaan anggaran 2019 mulai dari serapannya dan kami sudah memberikan penjelasan ke Dewan,” jelasnya. (lim/dam)

Pos terkait