Reduksi Genangan, Dinas PUTR Sulsel Kerahkan Alat Berat Gali Drainase Jalan Tun Abdul Razak

GALIAN DRAINASE--- PPTK UPT Wilayah IV Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PUTR Sulsel, Iskandar (berdiri baju merah) memantau pemasangan aramco di atas drainase yang sementara digali di ruas jalan Tun Abdul Razak, Selasa (28/12/2021). (Foto : Rusli Haisarni)

STARNEWS.ID,GOWA—Pemprov Sulsel melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) terus berupaya ekstra melakukan penanganan terhadap genangan di ruas jalan Tun Abdul Razak.

Langkah terbaru, Dinas PUTR Sulsel menggali saluran drainase di jalan Tun Abdul Razak yang selama ini tertutup.

Bacaan Lainnya

2 unit alat berat (excavator) dikerahkan langsung ke lokasi melakukan penggalian drainase.

PPTK Pemeliharaan Rutin UPT Wilayah IV Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUTR Pemprov Sulsel, Iskandar menjelaskan, penggalian drainase dilakukan dengan tujuan mereduksi genangan di atas badan jalan.

Air yang mengendap bisa mengalir masuk di drainase menuju kanal yang ada di jembatan III.

Pekerjaan penggalian, kata dia, mulai berjalan sejak hari Sabtu pekan lalu. Adapun titik drainase yang digali sepanjang 400 meter.

Yakni mulai depan perumahan Modern State hingga ujung jembatan III.

“Langkah penggalian ini sesuai instruksi Plt Gubernur, sebagai solusi sementara mengatasi genangan,” ujar Iskandar saat ditemui di Jalan Tun Abdul Razak, Selasa (28/12/2021).

Diakui Iskandar, penyebab utama terjadinya genangan di Jalan Tun Abdul Razak karena drainase selama ini tidak berfungsi.

Hampir seluruh drainase tertimbun material bangunan yang ada. Rerata bangunan milik masyarakat di sekitar titik genangan melanggar sempadan jalan.

Karena itu, sebelum proses penggalian, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan pemilik bangunan.

“Sudah ada koordinasi dari pihak camat. Termasuk pula PDAM Gowa. Alhamdulillah semuanya memberi dukungan dengan langkah penggalian drainase yang kita lakukan. Kita juga memasang aramco di depan pemilik  bangunan dan toko,” terangnya.

Iskandar mengaku terus standby di lokasi mengawasi proses pekerjaan galian drainase. Begitupun dengan pejabat teras Dinas PUTR Sulsel.

“Ibu Plt Kadis, Kabid dan Kasi setiap saat turun disini. Biasa kita standby sampai malam,” ungkapnya.

Kabid Bina Marga Dinas PUTR Sulsel, Andi Sahwan Mulia yang dikonfirmasi terpisah menambahkan, pekerjaan galian drainase di jalan Tun Abdul Razak merupakan program pemeliharaan rutin.

“Jadi masih sementara. Karena yang tangani itu adalah pemeliharaan rutin . Tapi In Sya Allah untuk tahun anggaran 2022 ruas Jalan Tun Abdul Razak akan segera ditangani. Sekarang dalam tahap review design sebelum diajukan ke Pokja untuk dilelang,” tandas Andi Sahwan.(rus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *