Rektor UNM, Husain Syam Luncurkan SYAM-OK

Rektor UNM, Prof Dr Husain Syam, M TP. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Pembukaan Kuliah Perdana semester ganjil 2020/2021 yang disebut Komando Perkuliahan dirangkaikan dengan Launching aplikasi pembelajaran yang didesain sendiri oleh UNM, yaitu System and Application Management Open Knowledge atau SYAM – OK, yang dilakukan secara virtual melalui Zoom pada Rabu (19/82020).

Sukardi Weda melaporkan bahwa yang hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr H Husain Syam M TP, para Wakil Rektor, para Dekan di lingkungan UNM, Direktur Program Pascasarjana, para ketua dan sekretaris lembaga, para wakil dekan dan asisten direktur Program Pascasarjana, para ketua jurusan, ketua program studi, para tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang berjumlah sekitar 300 orang.

Bacaan Lainnya

Komando perkuliahan semester gasal 2020/2021 dan Peluncuran SYAM – OK diawali dengan pengantar dari Wakil Rektor 1 UNM, Prof Dr Hasnawi Haris M Hum. Hasnawi Haris dalam pengantarnya, menegaskan hari ini (Rabu, 19/8/2020) ingin memastikan proses akademik dan non akademik berjalan sesuai standar-standar yang ada.
Hasnawi Haris menambahkan bahwa dalam SYAM – OK, ada beberapa fitur yang tersedia, dan bisa login di aplikasi tersebut.

Mengawali sambutannya, Rektor UNM, Prof Dr H Husain Syam M TP menegaskan bahwa sesuai Kalender Akademik UNM 2020, kuliah perdana semester gasal dimulai pada Selasa, 18 Agustus 2020. Prof Dr H Husain Syam M TP menambahkan bahwa kuliah perdana untuk mahasiswa baru (maba) adalah 14 September 2020, tandasnya. Prof Dr. Husain Syam juga berharap, semua tergabung dalam Zoom ini, tanggal 18 Agustus 2020 adalah Komando Perkuliahan Semester Gasal 2020/2021.
Jujur hari ini, saya sangat bahagia karena ada dua agenda, sosialisasi secara sempurna tentang hunian bagi teman-teman yang belum memiliki rumah atau bagi teman-teman yang ingin bergeser dari pinggir kota ke lokasi strategis yang dekat dengan kampus (UNM), dan ini menjadi sejarah yang kita cetak di era ini, tandasnya. Kedua, ini adalah pertemuan Komando Perkuliahan, dulu sewaktu saya Dekan, saya menghadirkan tokoh, pengusaha, dan pakar untuk berbagi pengetahuan kepada mahasiswa, tambahnya.

Dengan kondisi hari ini, harapan saya, para pimpinan, dosen, tenaga supporting, memahami bahwa kuliah dimulai sejak Selasa, 18 Agustus 2020 secara full daring (virtual), tegas Prof Dr Husain Syam M TP.
Prof Dr H Husain Syam M TP selaku Rektor UNM menegaskan kita di suasana Covid-19, kuliah full daring (online), semua materi ajar dirancang secara daring, untuk teori, perlu ada transfer of knowledge, kalau yang diharapkan praktek, yakni 70% keterampilan, maka pembelajaran dirancang transfer of skill, demikian halnya transfer of value and attitide, transfer nilai dan sikap, perlu ada sentuhan awal dan sentuhan akhir pada setiap perkuliahan, finishing task, 1 – 5 menit awal dan 1 – 5 menit di akhir pertemuan, inilah inti dari sebuah proses, transfer of value (transfer nilai), tegasnya. Prof Dr Husain Syam M TP melanjutkan bahwa transfer of skill, dapat dilakukan dengan membuat animasi, seperti pada mata kuliah Kimia, dan matkul yang menekankan praktik lainnya.


Dalam kondisi normal, praktik perkuliahan/pembelajaran tersebut yang diawali dengan Komando Perkuliahan dapat dijadikan role model di UNM, untuk mengingatkan dan menyatakan semua proses berjalan, tandasnya.

Untuk komando perkuliahan berikutnya, kita undang para tokoh, pemerhati pendidikan, dan lain-lain untuk berbagi pengetahuan (knowledge sharing) dengan para sivitas akademika UNM, terutama kepadamahasiswa.

Pada kesempatan Komando Perkuliahan Semester Gasal 2020/2021, Prof Dr H Husain Syam M TP menegaskan kepada seluruh pimpinan unit/direktur Program Pascasarjana, untuk tidak menggunskan aplikasi Zoom karena dapat memberatkan mahasiswa, dosen boleh menggunakan aplikasi Zoom, tapi dosen harus bertanggungjawab kalau mahasiswa tidak mampu dari kendala pulsa, harapnya.

Prof H Husain Syam mengharapkan aplikasi SYAM – OK, sebagai aplikasi sistem kuliah daring yang terkoneksi semuanya dengan beragam vitur menarik yang tersedia, dimanfaatkan oleh dosen dan proses KBM di kelas, ini merupakan wujud UNM sebagai kampus digital, kampus global, dan menjadi kampus globalisasi dengan reputasi internasional.


Dengan kampus digital, informasi yang ada di UNM, harus sama dengan informasi kekinian yang ada di universitas bergengsi yang ada di Amerika, seperti Harvard University, dan lain-lain dan universitas bergengsi di Eropah, mahasiswa kita tidak perlu merasa bahwa kita kalah dengan fasilitas yang ada di Universitas Harvard di Amerika, tegas Prof Dr Husain Syam.

Saya bangga hari ini karena kita sudah berada pada on the track untuk menuju kampus dunia (World Class University/WCU), disamping sebagai kampus digital, UNM juga adalah kampus entrepreneurship, dan itulah sebabnya UNM bercita-cita untuk melahirkan mahasiswa dan alumni yang memiliki kemampuan entrepreneurship, karena kemajuan suatu negara ditandai dengan sekitar 4% populasinya adalah pelaku wirausaha.


Prof Dr Husain Syam juga menegaskan dalam waktu satu bulan kedepan, kita akan menghadirkan satu lembaga yaitu Lembaga Inovasi dan Pengembangan Kewirausahaan, dan lembaga inilah yang akan mengantar UNM menjadi universitas global dengan ciri khas tersendiri, yaitu entrepreneurship.
Menuju kampus global yang berbasis digital, pimpinan UNM telah menyediakan SSO untuk seluruh sivitas akademika UNM yang biayanya cukup besar, yakni hampir tujuh ratus juta rupiah. Dengan kehadiran SSO di UNM, mahasiswa dapat berselancar di dunia internasional dan bisa mendunia, karena telah disiapkan infra strukturnya. Prof Dr Husain Syam juga menegaskan bahwa kita di UNM, mari bekerja secara profesional, cerdas untuk mengantarkan mahasiswa kita berdaya saing global.


Dalam kesempatan Komando Perkuliahan tersebut, Prof Dr Husain Syam juga mengurai secara gamblang dan detail terkait pakar atau expert yang dapat dihadirkan pada Komando Perkuliahan, adalah pakar karena ia ilmuan, S1, S2, dan S3, karena ia birokrat, dia pejabat sehingga memiliki kepakaran di bidang yang ia tekuni, tetapi ini memerlukan minimal 4 tahun menjabat baru disebut pakar, dan berikutnya dia disebut sebagai pakar karena dia praktisi, dan tipe pakar ini, tidak menutup kemungkinan seseorang yang tidak tamat sekolah dasar, tetapi dia memiliki jemampuan di bidangnya.


Mengakhiri kegiatan peluncuran SYAM – OK dan Komando Perkuliahan, Prof Dr Husain Syam menyampaikan closing statement sebagai berikut: semua ini bisa mengantarkan UNM maju bila kita bersama, jangan buat produktif tidak produktif, layani teman-teman yang belum bagus, dan layani mahasiswa dengan baik, harapnya. (rilis/uba)

Terkait