Rektor UNM Lantik 13 Pengurus UKM UNM

Suasana usai pelantikan 13 pengurus UKM di lingkup kampus UNM. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – 13 Pengurus UKM dilantik secara resmi oleh Rektor UNM, Prof Dr Husain Syam M TP, Sabtu (31/8/2020).

Hadir dalam pelantikan tersebut, para wakil rektor, para dekan, para ketua lembaga, para WD 3, pejabat di bidang kemahasiswaan, para pembina UKM, ketua demisioner, dan para ketua yang baru terpilih. Setiap UKM mengutus lima orang dan pelantikan dilakukan secara simbolis, yakni para ketua UKM UNM maju kedepan audiens dan dilantik oleh Rektor UNM yang sebelumnya diawali dengan pengambilan sumpah.

Bacaan Lainnya

Setelah pengambilan sumpah, acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan. Dalam sambutannya, Sukardi Weds, yang juga Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM mengatakan selaku Wakil Rektor di bidang Kemahasiswaan dan Alumni, saya sangat berharap adik-adik yang ada di 13 UKM di tingkat universitas dan juga unit-unit yang ada di fakultas supaya mendorong prestasi mahasiswa di berbagai bidang, mulai dari minat, bakat, dan penalaran.

Kami juga mendorong UKM menggelar event atau kegiatan yg berskala nasional dan ikut pada lomba berskala nasional dan internasional, seperti ikut pada lomba yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud, sehingga semakin meneguhkan bahwa UNM dan mahasiswa UNM memiliki kinerja unggul di bidang tridarma, tegas Sukardi Weda.

Sukardi Weda juga mengatakan bahwa Klasterisasi Pemeringkatan bidang Kemahasiswaan UNM, masih jauh dari harapan kita, tahun 2019, kita berada di urutan ke-42 PT non vokasi, dan tahun 2018, UNM berada di urutan ke-49. Kita berharap di tahun-tahun berikutnya, pemeringkatan mahasiswa kita menggembirakan, tegas Sukardi Weda.

“Harapan kita ke depan, mahasiswa terus aktif dan kreatif dlm meningkatkan prestasi, baik di ajang nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sukardi Weda berpesan kepada para pengurus untuk menjaga nama baik almamater tercinta, UNM. Sukardi juga berpesan, supaya adik-adik mahasiswa senantiasa bekerja keras untuk menghadirkan prestasi di tingkat nasional dan internasional.

Mengawali sambutannya, Prof Dr Husain Syam M TP mengatakan bahwa yang dilantik hari ini adalah anggota UKM yang cerdas dan baik.

Teristimwa kepada ketua-ketua unit yang baru saja dilantik, saya mencatat UKM UNM telah melakukan banyak prestasi, yang memberi arti dan warna kepada masyarakat dan bangsa, ujarnya. Falsafah kita, hari ini harus lebih baik dari yang kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini, tandasnya.

Kita sadar betul bahwa UKM yang kita hadirkan, disitulah wadah berlatih, sehingga setelah keluar dari UNM, dapat berbuat yang terbaik di masyarakat, harapnya.

Prof Dr Husain Syam menegaskan bahwa UKM ini sebagai laboratorium, untuk belajar banyak hal sebagai persiapan di masyarakat. Anda punya talenta, ada punya sesuatu sehingga menjadi pengurus UKM UNM. Mengapa UKM eksis sampai hari ini karena ada manfaat yang diberikan. Organisasi yang hebat tergantung siapa yang memimpin wadah itu, siapa penggeraknya, seperti halnya UKM, harus berinovasi, membimbing, dan berkreasi.

Prof Dr Husain juga berpesan kepada pengurus UKM yang baru saja dilantik untuk bisa memberikan arahan dan informasi kepada mahasiswa baru sesuai dengan talenta mereka untuk bergabung dengan UKM yang mereka minati.

“Kita akan mengontak Zoom 10.000, pakai itu untuk memberikan informasi kepada mahasiswa baru, untuk melakukan proses perekrutan dan informasi terkait dengan visi misi UKM masing-masing, “tegasnya.

Kami siap mendukung kegiatan UKM karena UKM adalah wadah bagi kita untuk bergerak maju, kita berharap menjadi pewarna dalam kehudupan bermasyarakat, harus menjadi penentu, jangan jadi objek,” harapnya.

Kita mau berakselerasi, kita mau lari kencang, kita mau bawa UNM ini sebagai PT yang mampu bersaing di tingkat global. Mari menghilangkan perbedaan, dan mari menjadi alumni yang siap berkompetisi di masyarakat, harapnya.

Saya mau UNM menjadi PT yang berbasis digital dan kewirausahaan sehingga UNM menjadi PT Global, dan kita sudah siapkan infrastrukturnya.


Teman-teman Anda di UI, UGM, ITB, dan universitas di Amerika, harus sama, kalau perlu, kita yang menjadi matahari. Harus siap untuk berkompetisi. Saya siap mendukung sepenuhnya. Kita menjadikan lembaga ini sebagai laboratorium mahasiswa.

Sebelum mengakhiri sambutannya Prof Dr Husain Syam M TP menyeru Selamat bekerja kepada pengurus yang baru saja dilantik. (rilis/uba)

Terkait