Rektor UNM, Prof Husain Syam Jadi Pembicara Kunci pada Dialog Pengurus HMI Korkom UNM

Rektor UNM menjadi Keynote Speaker dalam Dialog Pengurus HMI di kota Makassar. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – HMI Korkom UNM menghelat Pelantikan dan Dialog Pengurus HMI Korkom UNM dengan tema ” Quo Vadis Pendidikan di Era New Normal.” Sinergi HMI Korkom UNM dalam Mengawal Keumatan dan Kebangsaan di Ballroom, lt. 2 Gedung Pinisi, Rabu (26/8/2020).

Dialog tersebut dihadiri oleh Rektor UNM, Prof Dr H Husain Syam M TP, yang juga keynote speaker, Wakil Rektor 1 UNM, Prof Dr Hasnawi Haris M Hum, yang juga salah satu nara sumber, dan nara sumber berikutnya adalah Prof Dr Rer nat Muharram, yang juga mantan Wakil Rektor 1 Universitas Negeri Makassar. Dialog HMI Korkom UNM juga dihadiri oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM, Dr. Sukardi Weda, yang juga mantan anggota HMI komisariat UVRI, dan dihadiri oleh pengurus Korkom HMI UNM yang baru saja dilantik, pengurus yang telah demisioner, serta sejumlah senior HMI Makassar.

Bacaan Lainnya

Dalam paparannya, Prof Dr Husain Syam M TP mengawali dengan mengatakan bahwa ini momentum yang bagus. Mau dibawa kemana pendidikan kita di era pandemi Covid-19. Saya kira pendidikan kita di tengah Covid-19 yang implementasinya harus daring (online) ini didukung dengan teknologi yang sangat memadai, terutama dengan kehadiran Era Revolusi Industri 4.0. Prof Dr Husain Syam menegaskan, pertanyaanya apakah kita siap. “Pendidikan adalah adanya transfer of knowledge, skill, dan nilai atau karakter. Di UNM, sejak 3 tahun lalu, sudah diterapkan blended learning dengan memanfaatkan peradaban teknologi,” pungkasnya.

Praktik blended learning di UNM selama ini adalah 70% offline (luring) dan 30% daring, tegas Prof Dr Husain Syam.

Tiba-tiba terjadi wabah Covid-19 di seluruh dunia, termasuk Indonesia, dan bagi UNM tidak ada masalah, karena sudah memiliki infrastruktur, kita kerjasama dengan Telkom dengan fasilitas SSO.

Kita ingin menghadirkan UNM sebagai PT digital yang mengglobal. Kita tidak berbeda dengan PT di luar negeri, deperti PT yang ada di Amerika, Eropa, dan lain-lain. Ada empat aplikasi yang disiapkan di UNM yang tidak berbayar untuk melaksanakan proses pembelajaran, seperti, Spada, LMS, Kelase, dan SSO yang dapat diakses dimana saja. Prof Dr Husain Syam mengatakan, dirinya berjiwa milenial, dan tahu kebutuhan kaum milenial.

“Kita mau UNM menjadi World Class University (WCU), yakni universitas digital, universitas global. Orang sadar hari ini, betapa hebatnya ini guru dalam mendidik peserta didik untuk menjadi manusia yang berkarakter, di era pandemi Covid-19 ini. Selama ini, guru dipandang secara marginal,”harap Rektor UNM.

Orang tua baru sadar bahwa mendidik anak tidaklah mudah, mereka baru menyadari di era pandemi ini, bayangkan orang tua mendampingi dua anaknya saja, dalam pembelajaran daring ini ternyata sangat sulit implementasinya. Orang tua baru sadar bahwa selama ini guru mencubit anak, ternyata karena memang mendidik anak tidaklah mudah. Orang tua baru sadar, dan itulah hikmah Covid-19 ini, bahwa ketika anak dicubit oleh guru dalam batas mendidik, edukasi.


“Di era pandemi ini, pemerintah harus hadir, HMI harus hadir untuk menjadi lokomotif. Kami tetap mengawal pendidikan ini dengan inovasi-inovasi. UNM selalu siap, ” tegas Prof Dr Husain Syam M TP.


Nara sumber lainnya dalam dialog HMI Korkom UNM ini adalah Prof Dr Hasnawi Haris M Hum dan Prof Dr Rer nat Muharram. (rilis/uba)

Terkait