Respons Kebijakan Baru Kemendikbud, Fakultas Pertanian UMI Gelar Webinar

Dekan FP-UMI Abdul Haris (ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR — Fakultas Pertanian (FP) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar webinar berskala nadional, Kamis (2/7/2020). Temanya, Reformasi Kurikulum Pertanian Indonesia pada Kampus Merdeka, Merdeka Belajar di Era New Normal”.

Webinar Nasional ini menghadirkan pembicara Direktur Belmawa Prof Aris Junaidi, Anggota Majelis Ban-PT sekaligus Ketua Pembina Yayasan Wakaf UMI Prof Mansyur Ramly, Sektretaris Perkumpulan Agroteknologi Indonesia (PAGI) Prof Hadiwiyono serta Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang DR Sujarwo.

Berkenaan itu, Dekan FP-UMI Abdul Haris mengatakan bahwa webinar tersebut diselenggarakan untuk merespon kebijakan baru Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait kampus merdeka dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran di Perguruan Tinggi yang lebih fleksibel dan sesuai kebutuhan manusia.

“Melalui kebijakan tersebut diharapkan tercipta link and match dengan dunia usaha dan industri yang lebih luas. Saya kira melalui kurikulum kampus merdeka, merupakan upaya untuk memenuhi tuntunan arus perubahan dan kebutuhan, link and match serta menyiapkan lulusan yang siap dunia kerja, sehingga perguruan tinggi perlu merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar semua aspek capaian dapat terealisasi,” ujarnya.

Abd Haris menyebut, khusus kurikulum pada Fakultas Pertanian di seluruh Indonesia melalui webminar tersebut akan tercipta kesamaan persepsi dalam merancang dan melaksanakan kebijakan merdeka belajar sesuai kebutuhan wilayah.

“Diharapkan melalui arahan kebijakan merdeka belajar dalam perancangan kurikulum pertanian dapat menciptakan keluaran yang mampu bersaing dan mandiri dalam era perubahan yang berguru cepat,” jelasnya Haris. (rilis/dam)

Terkait