Saat Pandemi Covid-19, ASN Diminta Tetap Berikan Layanan Maksimal

Nampak Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Budaya Kerja bekerjasama dengan Pusat Pengembangan SDM Regional Makassar di Hotel Continent Makassar, Rabu (7/4/2021). (foto pemkab gowa)

STARNEWS.ID, GOWA – Di tengah pandemi Covid-19 tugas birokrasi pemerintah menjadi semakin berat, dimana pemerintah harus menjalankan dua hal sekaligus yakni menghambat penyebaran Covid-19 namun tetap memberikan pelayanan maksimal.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Budaya Kerja bekerjasama dengan Pusat Pengembangan SDM Regional Makassar di Hotel Continent Makassar, Rabu (7/4/2021).

Bacaan Lainnya

Abd Rauf mengatakan, ASN dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi pelaksanaan layanan, khususnya dalam penggunaan sistem yang berbasis teknologi Informatika dalam pelayanan publik.

“Pelayanan publik ini sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah, meskipun di masa pandemi ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemkab Gowa,” ungkapnya.

Ia menegaskan, saat ini diperlukan perubahan sistem kerja tetapi disertai budaya kerja yang baik pula, budaya kerja yang bertanggungjawab, akuntabel dan mengutamakan integritas tinggi. Sehingga setiap ASN dipaksa untuk adaktif terhadap teknologi agar kinerja pelayanan lebih cepat lagi.

“Kita harus mengikuti pergeseran sistem pemerintahan Indonesia yaitu menuju birokrasi 4.0 yang tentu beriringan dengan revolusi industri, dimana semua jenis layanan publik yang akan diselenggarakan pemerintah sudah berbasis digital dan terintegrasi,” jelas Wabup Gowa.

Ia berharap para peserta mampu mengikuti dengan baik bimtek ini dan menghasilkan output yang baik khususnya terhadap pelayanan publik di Kabupaten Gowa.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Muhammad Basir mengatakan kegiatan ini berlangsung selama tiga hari kedepan yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada para peserta bimbingan terkait budaya kerja dan penerapannya di SKPD masing-masing.

“Kegiatan ini kita lakukan sampai dengan tanggal (9/4/2021) untuk mewujudkan perubahan perilaku dan disiplin ASN Pemkab Gowa,” katanya.

Bimtek ini diikuti sebanyak 30 orang peserta yang terdiri dari pejabat eselon IV yang membidangi kepegawaian disetiap SKPD dengan metode pelaksanaan pemaparan, simulasi dan evaluasi.

Turut hadir Asisten Pemerintahan Kabupaten Gowa, Muhammad Rusdi, Asisten Administrasi Umum Kabupaten Gowa, Firman Djamaluddin dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa. (*/uba)


Pos terkait