Salat Iduladha RTH Syekh Yusuf, Jemaah Diminta Jaga Kebersihan

Personel Satpol PP Gowa selfie di RTH Lapangan Syekh Yusuf, Minggu (26/7/2020).


STARNEWS.ID, GOWA — Lapangan Syeh Yusuf di Jalan Masjid Raya, Sungguminasi siap dijadikan tempat pelaksanaan salat Iduladha 1441h di Gowa. Sesuai kalender, dirayakan pada Jumat (31/7/2020).

Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kabupaten berjuluk Butta Bersejarah itu kerap menjadi tempat berbagai perayaan, termasuk salat Iduladha dan Idulfitri.

Bacaan Lainnya

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola RTH Syekh Yusuf dan Syekh Yusuf Discovery, Marhani Usman berharap kepada masyarakat yang ikut Salat Iduladha agar menjaga kebersihan lapangan yang dikelola Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Gowa itu.

Menurut Marhani, UPT Pengelola RTH Syekh Yusuf dan Syekh Yusuf Discovery sudah menyiapkan tempat sampah di sekitar area pelaksanaan salat Iduladha.

“Kami membuka Ruang Terbuka Hijau ini hanya sebagai pelaksanaan tempat shalat Iduladha, dengan mengedukasi masyarakat bahwa pada hari itu kita harus tetap menjaga kebersihan,” ujar Marhani, Sabtu (25/7/2020).

Walaupun sudah digunakan untuk salat Iduladha, namun ditegaskan bahwa RTH tersebut belum bisa digunakan untuk kegiatan lainnya, seperti aktivitas olah raga.

“Setelah itu kami akan tutup kembali sampai semua fasilitas yang ada di lapangan di Lapangan Syekh Yusuf dan Syekh Yusuf ini semuanya siap dan setelah adanya peresmian,” tambahnya.

Diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) RI telah menetapkan Iduladha 1441 Hijriyah tahun ini jatuh pada Jumat (31/7/2020) mendatang. Ditetapkan melalui sidang isbat yang digelar di kantor Kemenag, Selasa (21/7/2020) lalu.

Sebelumnya, saat memimpin Coffee Morning, Senin (20/7/2020) lalu Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan meminta agar pelaksanaan salat Iduladha di seluruh wilayah Kabupaten Gowa dilaksanakan di lapangan atau ruang terbuka.

Kala itu, Adnan juga menegaskan, pelaksanaan salat Iduladha di ruang terbuka harus tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes) guna menekan penularan Covid-19.

“Risiko penularan di ruang terbuka jauh lebih rendah dibandingkan dengan di ruang tertutup,” kata Adnan beberapa waktu lalu. (rus/dam)

Terkait