Satgas Covid Selidiki Pelanggaran Prokes di Malino Food City

Kapolsek Tinggimoncong, Iptu Hasan Fadhyl melakukan pertemuan dengan Kasatpol PP Kabupaten Gowa, Alimuddin Tiro, Senin (5/7/2021). Keduanya berkoordinasi terkait dugaan pelanggaran prokes di Malino Food City, Kelurahan Malino. (Foto : Humas Polsek Tinggimoncong)

STARNEWS.ID,TINGGIMONCONG— Aparat berwenang di Kabupaten Gowa boleh saja gencar menggaungkan protokol kesehatan (Prokes) di tempat keramaian, termasuk restoran.

Namun, upaya itu belum sepenuhnya mempan. Pelanggaran-pelanggaran prokes masih saja terjadi. Contohnya saja di Malino Food City, Kecamatan Tinggimoncong.

Bacaan Lainnya

Viral di medsos, pengunjung Malino Food City berkaraoke dengan mengabaikan prokes. Selain tidak menggunakan masker, juga tak menjaga jarak.

Dugaan pelanggaran prokes ini membuat Satgas Covid-19 Kabupaten Gowa bergerak. Mereka sementara menyelidiki dugaan pelanggaran prokes di Malino Food City.

Kapolsek Tinggimoncong, Iptu Hasan Fadhyl mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim Satgas Covid-19 Kabupaten Gowa. Dirinya juga sudah bertemu dengan Kasatpol PP Kabupaten Gowa, Alimuddin Tiro.

“Sementara proses penyelidikan (dugaan pelanggaran prokes,red) di Malino Food City,” ujar Iptu Hasan Fadhyl, Senin (5/7/2021).

Lebih jauh, eks Kapolsek Bajeng itu membeberkan, dalam gambar yang viral di medsos, tampak sekitar 20 pengunjung Malino Food City bernyanyi berkerumun.

Mereka diketahui anggota Komunitas Semut Indonesia. Kejadiannya diperkirakan pada hari Sabtu (3/7/2021) sekitar Pukul 22.00 tengah malam WITA.

Melihat itu, keesokan harinya Minggu (4/7/2021), pihaknya bersama tim Satgas Kecamatan mendatangi Malino Food City di Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Malino, melakukan tracing.

“Kemarin, kita pengecekan. Dan benar bahwa pada malam Minggu sekitar 20 orang pengunjung Malino Food City berkerumun tanpa menggunakan masker. Mereka bernyanyi-nyanyi tanpa memakai masker dan jaga jarak,” terang Hasan.

Untuk mengantisipasi klaster baru virus Covid-19, pihaknya bersama puskesmas lalu melakukan penyemprotan cairan disenfektan dan swab antigen serta Rapid Test -PCR kepada pengelola dan karyawan Malino Food City.

“Kami juga akan menyurat kepada masyarakat yang ikut dalam kegiatan tersebut untuk diarahkan melakukan tes swab di RSUD Syekh Yusuf,” tukasnya.

Kasatpol PP Kabupaten Gowa, Alimuddin Tiro yang dikonfirmasi menyatakan, dugaan pelanggaran prokes di Malino Food City sementara didalami.

Pihaknya juga telah menyurati anggota Komunitas Semut Indonesia maupun pengelola Malino Food City.

“Pengelolanya lima orang tadi sudah kita panggil. Jika nantinya hasil pemeriksaan terbukti melanggar prokes, maka kita akan tindaki. Sudah siap sanksinya,” tegas mantan Camat Bontonompo itu.(rus)


Pos terkait