Sebelum Ajukan KUA-PPAS, Pemkab Gowa Genjot Perampungan SIPD

STARNEWS.ID, GOWA — Pemkab Gowa menjadwalkan pengajuan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas dan Plafon Sementara (PPAS) pada 30 November 2020. Sebelum itu, mesti fokus pada penginputan anggaran.

Merunut PP Nomor 12 Tahun 2019 tentang pengelolaan anggaran keuangan, maka setiap pemerintah daerah mesti menerapkan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Bacaan Lainnya

Aplikasi tersebut guna memaksimalkan proses pengadministrasian serta pengolahan data pembangunan daerah.

Berkenaan dengan itu, Pemkab Gowa bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan dan Penginputan Anggaran APBD Tahun 2021 pada aplikasi SIPD, Kamis (29/10/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Maxone Makassar dan menghadirkan seluruh perencana SKPD lingkup Pemkab Gowa tersebut dibuka langsung pj Sekretaris Daerah (Sekda) Gowa, Kamsina.

Ia mengatakan ada perubahan penggunaan aplikasi dalam hal penginputan data. Sebelumnya, menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA). Sedangjan tahun ini diharuskan menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Sesuai dengan PP Nomor 12 tahun 2019.

“Penginputan anggaran untuk tahun 2021 ini wajib memakai SIPD dan Kemendagri tidak akan mengevaluasi jika tidak melalui SIPD tersebut. Sehingga hari ini dilakukan bimbingan untuk seluruh perencana di SKPD yang difasilitasi oleh BPKD Provinsi untuk bagaimana aplikasi ini bisa digunakan dan selesai tepat waktu,” ungkapnya.

Kamsina yang di kegiatan tersebut turut didampingi Kepala BPKD Kabupaten Gowa, Karim Dania dan Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, Taufik Mursad menuturkan, perampunyan penginputan angggaran tersebut ditargetkan pada Senin 2 November mendatang.

“Setelah penginputan SIPD maka KUA PPAS lalu didorong untuk penyerahan RAPBD berdasarkan SIPD itu dan tanggal 30 November sudah harus disetujui oleh DPRD sesuai aturan dan regulasi yang ada,” jelasnya.

Sementara itu Kepala BPKD Provinsi Sulsel, Rasyid mengatakan melalui kegiatan Bimtek tersebut, artinya Pemkab Gowa sudah melaksanakan amanat Permendagri untuk melakukan penginputan di SIPD.

Dengan begitu ia optimis, seluruh kabupaten/kota mampu menyelesaikan dan disetujui DPRD pada tanggal 30 November mendatang. (rus/dam)


Pos terkait