Sejalan Pencanangan Tahun Keagamaan, Pemkab Gowa Giatkan Pembangunan Sejumlah Rumah Tahfiz

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan meletakan batu pertama pembangunan PPTQ Jamiul Qurra, Jumat (21/8/2020).

STARNEWS.ID, GOWA — Pemkab Gowa terus memacu realisasi program keagamaan, satu desa satu hafiz. Berkenaan dengan itu, sebanyak 842 imam masjid disekolahkan untuk menjadi Tahfiz Al-Quran.

Bacaan Lainnya

Pernyataan bernada komitmen itu disampaikan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di momen peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Tahfizhul Quran (PPTQ) Jami’ul Qurra Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Wahdah Islamiyah, Jumat (21/8/2020).

Di acara peletakan batu pertama PPTQ yang berada di Desa Mandalle Kecamatan Bajeng Barat itu, Adnan menyampaikan, 842 imam masjid yang disekolahkan itu kini di bawah bimbingan ustaz Adi Hidayat.

“Pemerintah Kabupaten Gowa membiayai 842 imam masjid di Kabupaten Gowa untuk bisa dijadikan hafidz Al-Quran. Kami sudah bekerja sama dengan Ustaz Adi Hidayat untuk menjadikan para imam ini sebagai hafidz Al-Quran,” paparnya.

Tak hanya fokus membiayai para imam masjid, Adnan menyampaikan, sejalan dengan upaya menyukseskan program keagamaan tersebut, Pemkab Gowa juga akan membangun sejumlah rumah tahfiz.

Salah satunya rumah Tahfiz Quran di Limbung, Kecamatan Bajeng. Kata Adnan, rumah Tahfiz Quran itu akan dibangun di atas lahan sekitar 2 hektare yang sebelumnya digunakan sebagai Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gowa.

“Seandainya tidak ada Covid-19, tahun ini (2020) kita selesaikan tahap pertamanya. Karena anggaran kita refocusing untuk Penanganan Covid-19,” ungkap Adnan.

Putra mantan bupati selama dua periode di Gowa, Ichsan Yasin Limpo almarhum itu pun mengapresiasi pembangunan PPTQ Jamiul Qurra Wahdah Islamiyah. Menurut dia, pembangunan PPTQ ini sejalan dengan program Pemkab Gowa yang mencanangkan tahun 2020 ini sebagai tahun keagamaan.

“Insyaallah, Pemerintah Kabupaten Gowa akan ikut berkontribusi agar pelaksanaan pembangunan Pondok Pesantren Tahfiz Quran bisa selesai sesuai target yang kita tetapkan bersama,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Wahdah Islamiyah Kabupaten Gowa, Andi Tajuddin menyebutkan bahwa ini pesantren kedua yang dimiliki Wahdah Islamiyah di Kabupaten Gowa.

Dibangun di atas lahan seluas 1.000 meter persegi. Tanah ini merupakan tanah wakaf dari Abd Rahim Nyampa yang merupakan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mandalle.

Andi Tajuddin berharap kedepan DPC Wahdah Islamiyah setiap kecamatan di Kabupaten Gowa memiliki pesantren Tahfiz Qur’an untuk mendukung program keagamaan Pemkab Gowa.

“Kita berharap setiap kecamatan di Kabupaten Gowa ada pesantren Tahfidzul Quran. Sehingga ini sekaligus menindaklanjuti program Pemkab Gowa yaitu satu desa satu hafidz,” harapnya.

Turut hadir dalam peletakan Batu Pertama pembangunan PPTQ Jami’ul Qurra Wahdah Islamiyah ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa, Adliah dan tentunya pejabat di lingkup Pemkab Gowa. (rus/dam)

Terkait