Sekda Gowa Tekankan Larangan Kerumunan saat Penyembelihan Hewan Kurban

Sekda Gowa, Muhlis didampingi Kadis Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol memimpin rapat persiapan Salat Iduladha 1441H/2020, Selasa (21/7/2020)


STARNEWS.ID, GOWA — Momen Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Terutama pada pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Perbedaan itu lantaran saat ini bersamaan pandemi virus korona melanda.

Bacaan Lainnya

Saat memimpin Rapat Persiapan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020, Selasa (21/7/2020), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Muchlis menyatakan, saat penyembelihan hewan kurban nanti, mesti menggunakan prosedur yang telah disepakati. Yakni tidak terjadi kerumunan di tempat penyembelihan.

“Tahun ini pelaksanaannya agak berbeda dikarena adanya pandemi sehingga pelaksanaan salat Iduladha dilaksanakan dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan Covid-19,” jelasnya.

Saat pelaksanaan salat Ied yang dipusatkan di Lapangan Syekh Yusuf Discovery, pihak panitia diharapkan mengatur jarak shaf jemaah serta menyiapkan tempat wudhu dan tempat cuci tangan.

“Kalau memang memungkinkan diujung-ujung shaf petugas menyediakan disinfektan atau hand sanitizer. Kemudian masing-masing yang bersangkutan setelah salat apabila dia menggunakan koran supaya dipastikan masing-masing mengangkat dan membuang korannya ditempat yang telah disediakan,” terang Muchlis.

Selain itu dalam rapat yang berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa tersebut, Muchlis juga membahas posisi parkiran dan arah kedatangan para jemaah.

“Jadi titik-titik parkir diharapkan tidak mengganggu tempat penyelenggaraan shalat, kemudian pendukung pendukung lainnya, genset dari PLN, Polres dan Kodim juga siap dengan petugasnya bersama dengan PMI untuk terlibat didalam kegiatan pengamanan shalat Ied,” tambah mantan Kepala Bappeda Gowa ini.

Rapat persiapan Iduladha 1441H/2020 juga Dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Gowa, perwakilan PLN, perwakilan Kodim serta Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Gowa. (rus/dam)

Terkait