Selain Kurma, Tiga Buah ini adalah Makanan Buka Kesukaan Rasulullah

anggur-buah-kesukaan-rasulullah
Ilustrasi buah anggur. (foto: klikdokter)

STARNEWS.ID — Menghidupkan sunnah rasulullah dalam keseharian kita tidak hanya dalam hal ibadah, tetapi bisa juga dengan mengikuti gaya hidup sehat ala rasulullah.

Salah satu gaya hidup sehat rasulullah yang patut kita contoh yakni makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa.

Salah satu makanan buka rasulullah yang kita kenal, yakni kurma dimana saat berbuka disarankan dalam jumlah ganjil.

Dengan kandungan gula yang alami membuat kurma sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kurma kaya akan serat, berbagai macam mineral, serta vitamin B-6. Apalagi dengan rasa manis yang enak, kurma juga membuat perut kenyang lebih lama.

Namun tahukah kamu ada tiga buah yang sering kita jumpai dan merupakan buah kesukaan rasulullah saat berbuka puasa. Berikut ketiga buah tersebut:

Anggur

Anggur menjadi salah satu makanan buka kesukaan Rasulullah. Hal ini tidak mengherankan karena anggur memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Apalagi dengan kandungan vitamin C dalam buah anggur yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membuat kamu menjadi semakin kuat selama berpuasa.

Selain itu, anggur juga menjadi salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Qur’an, yakni dalam surah Al-Baqarah ayat 266.

“Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya.”

Soal rasa tentunya sudah tidak perlu ditanyakan lagi, anggur memang sangat enak dan juga menjadi buah favorit banyak orang. Bahkan dalam Surah Ar-Rad ayat 4 menyebutkan bahwa anggur memiliki kelebihan dalam rasa dibanding buah yang lain.

Buah Labu

Khasiat labu yang sangat baik untuk kesehatan merupakan salah satu makanan buka kesukaan Rasulullah.

Apalagi dengan kandungan air yang mencapai 97 persen pada buah labu, membuatnya dapat menjaga cairan dalam tubuh selama berpuasa.

Buah labu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru, mencegah cacat pada janin, mengobati asma, tekanan darah, penyakit jantung dan kanker.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abdurrahman bin Mahdi bahwa telah dijelaskan oleh Muhammad bin Basyar dari Muhammad bin Ja’far. Keduanya menerima Syu’bah dari Qatabah dari Anas bin Malik ra.

“Rasulullah saw menggemari labu. Maka (pada suatu hari) beliau diberi makanan itu atau diundang untuk makan makanan itu (labu). Aku pun mengikutinya, maka makanan itu (labu) kuletakkan di hadapannya, karena aku tahu beliau menggemarinya.”

Semangka

Semangka merupakan buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini juga menjadi buah kegemaran Rasulullah, sebagaimana dijelaskan dalam riwayat Aisyah ra,

“Sesungguhnya Nabi saw sering makan semangka disertai ruthab.” (HR. At-Tirmidzy no. 1843, disahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih At-Tirmidzy no.1843).

Selain itu, semangka juga baik dikonsumsi untuk ibu hamil. “Tak satu pun dari wanita yang sedang hamil dan makan semangka akan gagal untuk menghasilkan keturunan yang baik di wajah dan sangat baik dalam sifat.”

Nah, itulah ketiga buah yang sering kita jumpai dipinggir jalan maupun dipasar dan merupakan makanan buka kesukaan rasulullah.

Mari hidupkan sunnah dengan konsumsi ketiga buah tersebut, dan alangkah baiknya kalau kita membeli langsung dari petaninya atau pedagang-pedagang buah yang ada di pinggir jalan maupun di pasar.

Sudah seharusnya kita meniru makanan buka kesukaan Rasulullah tersebut agar kesehatan tetap terjaga dan puasa menjadi lancar. (*)


Pos terkait