Semifinal Piala AFF: Indonesia Diminta Fokus, Singapura Andalkan Bola Mati

Pemain Indonesia, Elkan Baggott (30) diharapkan mampu mengantisipasi bola atas yang akan diterapkan Singapura. (int)

STARNEWS.ID, SINGAPURA — Leg 1 babak semifinal Piala AFF 2020 antara Singapura vs Indonesia bakal berlangsung di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021). Kedua pelatih sudah menyiapkan strategi yang akan diterapkan di pertandingan ini.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong mengaku sudah bersiap untuk laga semifinal ini. Pelatih asal Korea Selatan ini meminta kepada para pemain timnas Indonesia untuk tetap fokus.

Shin Tae-yong mengatakan, Singapura adalah tim yang kuat. Maka dari itu, pemain Indonesia tidak boleh lengah satu persen pun.

”Pastinya, saya merasa bahwa Singapura adalah tim bagus, apalagi saat mereka melawan Filipina dan Myanmar. Jadi, kami tak boleh lengah. Itu saya tegaskan ke para pemain bahwa Singapura adalah tim baik,” ujar Shin Tae-yong.

Sementara itu, pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida mengaku dirinya sudah punya taktik untuk menghadapi Indonesia dalam semifinal Piala AFF 2020. The Lions akan memaksimalkan bola-bola mati atau set piece (situasi bola mati) demi bisa mencetak gol ke gawang tim Garuda.

“Set piece sangat penting di laga yang di mana kami bisa bermain dengan baik. Kami akan mencoba menemukan solusi untuk set piece ini. Kami mencoba sebaik mungkin untuk menemukan solusi. Kami telah memiliki konsep untuk itu. Kami harus memercayai konsep itu dan cara bermain kami saat menghadapi Indonesia,” tutur Tatsuma.

Set piece memang menjadi salah satu taktik andalan Singapura di Piala AFF. Mereka tiga kali mencetak gol dari situasi set piece di fase grup Piala AFF kali ini. Dua gol di laga melawan Myanmar tercipta lewat situasi tersebut, sementara satu lainnya hadir saat Singapura menghadapi Filipina.

Singapura wajar saja ingin memanfaatkan set piece. Sebab, setidaknya ada lima pemain Singapura yang tingginya di atas 180 cm, yaitu Amirul Adili, Irfan Fandi, Ilhan Fandi, Ikhsan Fandi, dan Safuwan Baharudin.

Di sisi lain, Indonesia punya Elkan Baggott yang tampil apik dalam duel udara. Namun demikian, pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida, mengaku tetap akan mengandalkan taktik itu. (#)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *