Danlantamal VI Resmikan Gerbang Pistol Silang Pomal Lantamal VI Makassar

Gerbang Pistol Silang Pomal Lantamal VI yang berada di depan Kantor Mako Pomal Lantamal VI Jl. Cakalang Kec. Ujung Tanah Kota Makassar

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Laksamana Pertama TNI Dr. Beny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP resmikan Gerbang Pistol Silang Pomal Lantamal VI yang berada di depan Kantor Mako Pomal Lantamal VI Jl. Cakalang Kecamatan Ujung Tanah, Rabu (23/06/2021).

Hadir dalam kegiatan peresmian tersebut, Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto, S,E, Para Asisten Danlantamal VI, Kafasharkan Makassar, Dansatlinlamil-3 Kolinlamil, Kakuwil Lantamal VI, Para Kadis/kasatker, Danyonmarhanlan VI serta para Kadis, Kasatker Lantamal dan sejumlah undangan.

Dalam peresmian Gerbang Pistol Silang Pomal Lantamal VI, Danlantamal VI Makassar secara resmi melaksanakan pengguntingan pita yang didampingi oleh Danpomal dan dilanjutkan penandatanganan batu Prasasti.

Pembangunan Gerbang Pistol Silang tersebut merupakan implementasi pelaksanaan arahan dan instruksi Bapak KASAL, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat menghadiri peringatan HUT ke-75 Korps Polisi Militer TNI Angkatan Laut bertempat di Mako Puspomal Kelapa Gading, Jakarta Pusat bahwasannya satuan kewilayahan Jajaran Pomal memiliki ciri khas kebanggaan Satuan dan ditekankan kembali Danpuspomal, Laksda TNI Dr. Nazali Lempo, S.H., M.H., CHRMP saat pelaksanaan Rakornis Pomal dan Jajaran kewilayahan bahwa arahan Pimpinan adalah perintah.

Selaras dengan arahan tersebut, maka inisiasi prakarsa pendirian Gerbang Pistol Silang di Mako Pomal Lantamal VI segera ditindaklanjuti oleh Danpomal Lantamal VI Makassar, Letkol Laut (PM) Bomenako Leonardo, S.E, M.Tr.Opsla bersama seluruh Prajurit Pomal Lantamal VI.

Danlantamal VI Beny Sukandari mengatakan gerbang adalah tempat keluar atau masuk ke dalam suatu kawasan tertutup yang dikelilingi pagar atau dinding yang berguna untuk mencegah atau mengendalikan arus keluar-masuknya orang, namun juga bisa dimaknai sebagai wajah depan sebuah territorial yang menjadi pembeda dengan yang lainnya.

Sedangkan pistol itu sendiri mulai digunakan untuk mendeskripsikan senjata api genggam pada abad ke-18, sebelumnya pistol berarti sebuah pisau kecil yang bisa disembunyikan di dalam pakaian yang identik dengan badik di kalangan masyarakat Bugis Makassar, ungkap Danlantamal VI Benny Sukandari

Lebih lanjut dikatakan, pembangunan gerbang pistol silang ini dapat dikategorikan sebagai salah satu wujud pelaksanaan tugas pokok Pomal yakni melaksanakan sosialisasi tentang keberadaan Korps Pomal yang berada di Kota Makassar sebagai penegak disiplin, tata tertib dan hukum di lingkungan TNI AL (*/fad)


Pos terkait