Siapkan Bantuan buat Mahasiswa Terdampak Gempa Sulbar, Rektor UNM: Ini Bukan Politik

Rektor UNM, Prof Dr H Husain Syam, M.TP. (foto arfandi/starnews.id)

STARNEWS.ID, MAKASSAR Para mahasiswa yang turut terdampak tempa ampitudo 6,2 di Sulawesi Barat (Sulbar) jadi atensi pihak Universitas Negeri Makassar (UNM). Untuk itu, bantuan pun disiapkan.

Rektor UNM, Prof. Dr. H Husain Syam, M.TP menuturkan pihaknya selalu hadir terdepan untuk unsur-unsur kemanusiaan. Dalam hal ini, UNM membebaskan Uang kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa yang terdampak gempa, khususnya di Mamuju dan Majene, Sulbar.

Bacaan Lainnya

“Ya, ini (pemberian bantuan) adalah keputusan yang kita ambil, ini bukan politik. Tapi ini bantuan kemanusiaan,” tutur Husain dalam jumpa pers di Rumah Jabatan Rektor UNM di Jalan Landak, Minggu (17/1/2021).

Para mahasiswa yang terdampak bencana itu mesti memenuhi sejumlah persyaratan. Mekanismenya, orang tua mapun wali yang bersangkutan wajib mengajukan surat permohonan pembebasan UKT dengan melampirkan sejumlah dokumen. Yakni, foto kopi bukti pembayaran UKT sebelumnya, foto kopi kartu keluarga dan KTP, surat keterangan terdampak bencana alam dari lurah dan foto lokasi kejadian foto keluarga serta foto kondisi rumah terdampak bencana.

“Syaratnya seperti itu. kita ini bukan lembaga abal-abal. Kami ini lembaga kredibel. Kalau salah-salah ini bisa jadi persoalan,” tegas Husain.

“Pembebasan UKT ini berlaku untuk S1, S2, dan S3. Ini demi mahasiswa UNM yang terkena dampak,” imbuhnya.

Tercatat melalui sistem informasi akademik, mahasiswa yang berada di Sulbar ada sekitar 897 orang. Dimulai dari Mahasiswa S1 hingga S3.

UNM telah mempunyai tim SAR, Pramuka dan juga PMI yang siap diberangkatkan secara otomatis jika terjadi bencana alam. Disebutkan, saat ini satu gelombang sudah bergerak menuju lokasi gempa.

UNM juga menyiapkan donasi tahap pertama yang dikordinasi oleh WR 2. Nilainya sekitar Rp200 juta yang berupa 500 terpal ukuran 3mx4m, susu bayi 500 pak, susu anak 500, 500 karung beras 5kg , 500 popok bayi , 500 dos air mineral, selimut 500, sarung 500, mi instan 500 dos. (*/fan)


Pos terkait