Singkirkan PSIS, Hilmansyah Pahlawan Kemenangan PSM Makassar

Gelandang PSM Makassar, Rasyid Bakri menggiring bola dalam laga babak perempat final Piala Menpora 2021 kontra PSIS Semarang di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (9/4/2021) malam tadi. (Foto : Mursalim)

STARNEWS.ID,MALANG—Semangat Siri Na Pacce mengantar PSM Makassar ke babak semi final Piala Menpora 2021.

Lewat kerja keras dan bermain pantang menyerah, Laskar Pinisi berhasil menyingkirkan PSIS Semarang di fase perempat final, Jumat (9/4/2021).

Bacaan Lainnya

Bertarung di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, PSM menundukkan PSIS lewat drama adu penalti. Dalam adu tos-tosan, PSM unggul 4-2.

Laga harus diselesaikan lewat adu penalti menyusul 2×45 menit kedua tim bermain imbang, 0-0. Sesuai regulasi Piala Menpora, tak ada perpanjangan waktu.

Kiper Hilmansyah menjadi bintang kemenangan PSM Makassar. Ia menjadi pahlawan. Dalam adu penalti, dua kali, Hilmansyah berhasil memblok tendangan algojo PSIS Semarang. Sebelum akhirnya Sutanto Tan yang jadi algojo keempat memastikan PSM Makassar menang 4-2.

Pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batola juga angkat topi dengan performa gemilang yang ditunjukkan Hilman. Diakui Batola, Hilman adalah kunci kemenangan PSM atas PSIS Semarang.

Kata dia, kesuksesan Hilman menggagalkan eksekusi pertama dan kedua pemain PSIS di babak adu penalti membuat pemain PSM Makassar semakin percaya diri.

“Hilman sangat percaya diri. Dia bisa baca arah tendangan lawan. Itu yang mengangkat moril pemain (PSM,red) yang ditunjuk menjadi eksekutor penalti,” ujar Syamsuddin Batola dalam konferensi pers usai laga.

Dalam adu penalti tersebut, empat pemain PSM Makassar yang dipercaya sebagai penendang sukses melaksanakan tugas dengan baik.

Bahkan Abd Rahman yang jadi algojo ketiga melesakkan bola ke gawang PSIS dengan proses yang cantik. Dengan teknik panenka, Ia berhasil mengelabui kiper PSIS Semarang, Jandia.

Batola pun memuji permainan anak asuhnya di babak perempat final. Kendati PSM dianggap sebagai kuda hitam, namun dengan kerja-keras timnya bisa menembus ke babak empat besar.

“Semua tidak menyangka. Kita mampu menjawab keraguan suporter. PSM yang dianggap underdog atau kuda hitam bisa melangkah sejauh ini. Pemain kami bekerja disiplin dan kerja keras di lapangan. Hasilnya terlihat. PSM lolos ke semi final,” ucapnya.

Kapten PSM Makassar, Zulkifli Syukur juga begitu senang dan bahagia, tim Juku Eja tembus ke babak semi final Piala Menpora 2021.

Senada dengan sang pelatih, Zulkifli juga bilang bahwa pencapaian ini berkat kerja keras dan perjuangan semua pemain di lapangan.

“Kami datang di turnamen ini dengan slogan Siri Na Pacce. Jika Allah rido, jalan kami dimudahkan. Semoga dengan lolosnya PSM ke babak semi final, semua pihak di Makassar bisa lebih peduli dengan tim ini,” tandas Zulkifli.(rus)


Pos terkait