Sosialisasi Saber Pungli, Kapolres Pangkep : Perlu Kontrol dan Pengawasan dari Atasan

Nampak Kapolres Pangkep memberikan materi terkait Saber Pungli di Aula Dinas Tanaman Pangan, Pangkep, Kamis (18/3/2021) (foto mitha/starnews.id)

STARNEWS.ID, PANGKEP – Unit Pemberantasan Pungutan liar Kabupaten Pangkep menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liat (Saber Pungli) yang bertempat di Aula Dinas Tanaman Pangan, Kabupaten Pangkep.

Kegiatan ini dihadiri Kapolres Pangkep AKBP Endon Nurcahyo, Plt Sekda Irdas, Wakapolres  Kompol Mustafa Sani, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri, Andi Dian B dan Kepala Dinas Tanaman Pangan Pangkep.

Bacaan Lainnya

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa secara bersama-sama. Dilanjutkan dengan sambutan dari Plt Sekda Pemkab Pangkep Irdas. Irdas menyampaikan bahwa program saber pungli ini merupakan salah satu dari Nawacita Presiden RI, sebelumnya memang telah ada namun belum optimal.  Saber pungli kembali digalakkan kembali dengan ditandatanganinya Perpres Nomor 87 tahun 2016.

“Saya berharap tim saber pungli yang telah dibentuk agar dapat dioptimalkan sebagaimana mestinya” harap Irdas.

Sementara menurut Kapolres Pangkep AKBP Endon Nurcahyo, sosialisasi tim saber pungli di Dinas Tanaman Pangan ini merupakan tindaklanjut dari Perpres Nomor 87 tahun 2016. Untuk mendukung agar saber pungli dapat optimal maka diperlukan dukungan dari banyak pihak dalam peran pengawasan di instansi masing-masing.

Kapolres berharap agar para pimpinan di instansi masing-masing mengawasi betul para anggotanya dalam melaksanakan tugas. Karena salah satu faktor pungli adalah lemahnya sistem kontrol dan pengawasan oleh atasan.

“Salah satu penyebab terjadinya pungli adalah lemahnya sistem kontrol dan pengawasan oleh atasan” Kata Kapolres Endon Nurcahyo. 

Kapolres juga berharap, setelah sosialisasi ini segala macam bentuk pungutan liar dapat segera dihentikan karena sangat memberatkan masyarakat. Tim UPP saber pungli juga telah memetakan potensi-potensi pungutan liar di berbagai instansi pemerintahan. Diakhir sosialisasi ddiberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya. (mit/uba)


Pos terkait