Sukardi Weda Berikan Materi pada Anggota Baru Gudep Kota Makassar 08.095 Pangkalan UNM

Suasana penerimaan anggota baru gugus depan kota Makassar 08.095 pangkalan UNM. (foto ist)

STARNEWS.ID, MAKASSAR – Gugus Depan Kota Makassar 08.095 Pangkalan Universitas Negeri Makassar (UNN) sukses menggelar Penerimaan Anggota Baru Tahun 2020 yang berlangsung secara virtual, Sabtu (29/8/2020).

Dalam sambutannya Prof Dr Kasmawati mengajak kepada anggota pramuka untuk senantiasa menghidupkan Gugus Depan Kota Makassar 08.095 Pangkalan UNM. Prof Kasmawati juga menghimbau kepada anggota pramuka untuk melakukan kegiatan secara matang dengan persiapan yang baik, dan hal ini dapat dilakukan karena ada pendampingan dari kakak-kakak pembina.

Bacaan Lainnya

“Kami selalu siap mendampingi adik-adik,” pungkasnya. Prof Kasmawati juga berharap supaya adik-adik membuat perencanaan yang matang.

Sukardi Weda dalam sambutannya pada acara pembukaan penerimaan anggota baru 2020, menyapa terlebih dahulu kepada anggota baru Gugus Depan Kota Makassar 08.095 Pangkalan UNM. Sukardi kemudian melanjutkan bahwa bergabung dalam organisasi banyak manfaatnya. Kepemimpinan (leadership), pengambilan keputusan strategik (strategic decision making), tim work yang handal (super team), manajemen, keberanian berbicara di depan audiens (public speaking), dan lain-lain, pada prinsipnya diperoleh dari cara berorganisasi.
Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari dengan sejumlah materi dari sejumlah nara sumber.

Salah satu nara sumber dalam kegiatan tersebut adalah Dr Sukardi Weda, yang juga Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM, dengan makalah bertajuk “Organisasi Bekal Masa Depan.”

Materi lainnya adalah Gugus Depan Ku, yang disampaikan oleh Prof Dr Hj Andi Kasmawati M Hum. Manajemen Waktu ala Pramuka oleh Marzuki D Pd M Pd, Pengenalan Adat Ambalan dan Racana oleh Pemangku Adat, Perjalanan Pramuka Penegak dan Pandega oleh Marwanting S Pd, Pramuka Produktif di Era New Normal oleh Muh Akmal, Teknik Komunikasi dan Lobi oleh Syarifuddin Tangka S Pd M Pd, Seni Memimpin ala Pramuka oleh Musdar Asman S Pd M Si, dan materi tentang Pentingnya Ilmu Berpikir dan Mengambil Keputusan oleh Prof Dr Muhammad Jufri S Psi M Si M Psi Psikolog, yang juga Kadis Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dan mantan Dekan Fakultas Psikologi UNM 2 periode.


Dalam pemaparannya selama kurang lebih satu jam, selaku salah satu pembicara, Sukardi Weda memberikan motivasi kepada peserta yang berlangsung secara daring, mulai dari bagaimana berorganisasi yang baik, apa manfaat berorganisasi, membangun tim super, melakukan perencanaan (POAC), membuat Renstra, membuat program aksi, membuat program jangka pendek, menengah, dan program jangka panjang, kiat-kiat mencapai target, mengelola waktu (time management), dan lain-lain. (rilis/uba)

Terkait