Teringat Makassar, Rindu Kuliner Khas Kota Daeng

  • Whatsapp
Inilah kuliner khas kota Makassar yang selalu membuat rindu pulang kampung. (foto : int)

STARNEWS.ID – Kalau Anda punya rencana ke Makassar, sebaiknya mencari referensi terkait kuliner di kota daeng ini.  Ibukota Sulawesi Selatan ini, selain dikenal punya lokasi wisata yang indah, juga didukung dengan kuliner lokal yang sudah mendunia. Namun masih banyak diantara kita, yang belum mengetahui apalagi mencicipinya. Nah, berikut ini akan dibeberkan 10 makanan khas kota Makassar, yang wajib Anda nikmati, saat mengijakkan kaki di kota Anging Mamiri.

Baca Juga

1. Coto Makassar

Makanan khas paling terkenal dari Makassar adalah Coto Makassar, makanan daging berkuah dengan bumbu rempah yang menggoda selera. Coto Makassar biasanya dimakan dengan ketupat atau buras. Tak sulit mencari warung yang menjual makanan mantap ini.

2. Jalangkote

Mungkin di tempat lain, makanan ini disebut pastel, tapi tidak di Makassar. Di Makassar, makanan ini disebut jalangkote. Isian wortel, kentang, telur, dan daun bawang inilah yang membedakan jalangkote dengan pastel lainnya.

3. Es Pisang Ijo

Es dengan pisang kepok yang dilapisi tepung beras berwarna hijau, kemudian disajikan dengan es serut dan sirup berwarna merah. Tampilan es ini sangat menggugah rasa, terutama saat siang hari yang panas.

4. Pisang Epe

Makanan berbahan dasar pisang ini juga menjadi makanan khas Makassar yang digemari semua kalangan. Pisang yang digunakan adalah pisang kepok yang dibakar. Pisang epe disajikan dengan gula merah yang dicampur air daun pandan, ditambah durian rebus kental. Semuanya itu disiram di atas pisang yang telah dibakar. Pisang epe banyak dijual di pinggir jalan, sepanjang Pantai Losari .

5. Sop Konro

Makanan berkuah lainnya yang menjadi khas makanan Makassar adalah sop konro. Bahan dasarnya iga sapi yang dimasak dengan kayu manis, asam Jawa, dan bumbu rempah lainnya. Tak ketinggalan pula campuran buah kluwak di dalamnya. Di Makassar, harga satu porsi sop konro adalah sekitar Rp 38 ribu.

6. Barongko

Barongko merupakan jajanan khas Makassar yang terbuat dari pisang, dicampur dengan telur, gula, garam, dan susu bubuk. Kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Sudah pernah coba?

7. Pallu Basa

Satu lagi makanan berkuah yang menjadi makanan khas Makassar, pallu basa namanya. Jika dilihat sekilas, pallu basa hampir mirip dengan coto Makassar. Namun, bedanya adalah penggunaan santan kental dan kelapa parut sangrai di dalamnya, juga penambahan telur.

8. Mie Titi

Ternyata ada makanan berbahan dasar mie yang menjadi makanan khas Makassar. Ciri khas makanan ini adalah menggunakan mie kuning kriting yang kering, seafood, sayuran, dan bumbu rempah. Mie titi ini bisanya disantap pada malam hari.

9. Kapurung

Kapurung adalah makanan daerah Luwu yang terbuat dari tepung sagu dengan ayam rebus suwir, potongan terong ungu, serta sayuran hijau seperti kangkung, pakis atau daun katuk. Kini sudah banyak dijual di sudut-sudut kota Makassar, dengan rasa yang menggiurkan.

10. Sarabba

Sarabba adalah jenis minuman khas dari Makassar. Makanan ini merupakan minuman sehat yang penuh khasiat. Terbuat dari campuran jahe, gula merah, kuning telur, santan, pala, dan kayu manis. Rasa hangat yang diberikan sarabba bisa menjaga stamina tubuh dan mengusir masuk angin.

Nah, sekarang referensi sudah berada di tangan Anda. Jadi silahkan dicoba makanan khas tersebut dan merasakan sendiri sensasi rasanya. Setelah itu, Anda boleh cerita ada teman, keluarga, kekasih atau siapapun yang Anda ingin berbagi. (star1/idntimes.com)

Pos terkait