Terkait Covid-19 di Selayar, Sekda : Perketat Protokol Kesehatan Warga

Sekda Kepulauan Selayar, Marjani Sultan di Media Center GTPP Covid-19 di kantor BPBD jalan Muh Karaeng Bonto, Kelurahan Benteng, Kepulauan Selayar, Minggu (21/6/2020). (foto rizal/starnews.id)

STARNEWS.ID, SELAYAR – Berdasarkan laporan perkembangan penanganan Covid-19, tiga perempuan asal Kepulauan Selayar terkonfirmasi positif Corona atau covid – 19 Minggu, (21/6/2020).

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, yang juga Sekda Kepulauan Selayar, Marjani Sultan di Media Center GTPP Covid-19 di kantor BPBD jalan Muh Karaeng Bonto, Kelurahan Benteng, Kepulauan Selayar, Minggu (21/6/2020).

Bacaan Lainnya

“Ada tambahan tiga kasus positif yang penyampaiannya kami terima tadi pagi berdasarkan hasil pemeriksaan tes PCR yang diperiksa di Laboratorium Biomolekuler BTKL Pengendalian Penyakit Kelas satu Makassar,” kata Marjani Sultan.

Marjani Sultan, saat menyampaikan perkembangan penanganan Covid -19 ikut di dampingi juru bicara GTPP Covid-19, dr. Husaini, mengatakan bahwa pasien positif yang pertama diketahui, mempunyai riwayat perjalanan dari Makassar pada, Minggu 14 Juni dengan inisial PR (23 tahun) jenis kelamin perempuan  dengan  alamat Gantarang Lala Bata Desa Bontomarannu, Kecamatan Bontomanai.

Sementara pasien kedua dan ketiga dari masing masing dari Desa Onto dan Desa Tanete, Kecamatan Bontomatene, juga mempunyai riwayat perjalanan berbeda dari Makassar pada hari Selasa, 16 Juni dengan inisial RW (18 tahun) jenis kelamin perempuan dengan alamat Desa Onto dan pasien ketiga dengan inisial RS (21 tahun) jenis kelamin perempuan, alamat Dusun Barro, Desa Tanete.

Pasien tersebut saat ini masih menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, yang sementara dipersiapkan penjemputan untuk dikirim ke Makassar sebagai pasien duta Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan.

Penelusuran pemeriksaan kontak erat (tracing) sudah dilakukan sejak kedatangannya dan akan dilanjutkan lebih agresif mulai hari ini. Juga akan diisolasi mandiri selama 14 hari difasilitasi pemerintah daerah.

“Dengan mendasari hal tersebut kita harus lebih meningkatkan kewaspadaan dengan betul-betul menerapkan protokol kesehatan. Jangan diartikan bahwa menuju new normal kembali ke normal. Tetapi menuju new normal adalah adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman Covid -19,” jelas Marjani Sultan yang juga Sekda Kepulauan Selayar.

Marjani Sultan, berharap masyarakat tetap produktif, tetap bekerja tetapi harus menerapkan protokol kesehatan dengan lebih ketat dan protokol kesehatan penerapannya menjadi kebiasaan dalam kehidupan kita sehari-hari. Caranya sering mencuci tangan pakai sabun di air mengalir minimal 20 detik sesering mungkin

Memakai masker dengan benar, yaitu masker betul-betul menutup hidung dengan mulut dengan sempurna di tempat kerja atau apabila keluar rumah.

Selain itu Wakil Ketua GTPP Covid-19 meminta agar tetap jaga jarak dengan orang lain minimal satu meter. Serta menghindari kerumunan dan meningkatkan imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi seimbang, beraktifitas fisik atau berolahraga secara teratur minimal 30 menit setiap hari.

“Semoga dengan kerja sama kita semua ke tiga pasien positif ini dapat kita tangani dengan baik dan bisa kembali normal, sehat dan tidak sampai menular ke orang lain. (riz/uba)

Terkait