Tetap Bugar di Usia 64 tahun, Bupati Enrekang Rutin Minum Ramuan Benalu Batu

STARNEWS.id,ENREKANG –Resep dibalik usianya yang sudah menginjak 64 tahun, namun hingga kini masih tetap fit segar bugar menjalankan aktifitas seperti biasanya, membuat dirinya dikenal sebagai salah satu kepala daerah yang energik dan penuh semangat.

Siapalagi kalau bukan Bupati Enrekang Drs. H. Muslimin Bando, M.Pd, dirinya mengakui bahwa dibalik itu semua tentunya punya alasan ada resep yang sederhana saja yakni rajin minum ramuan Benalu Batu (Simboyang),red, selain itu mengkomsumsi makanan bergizi dan seimbang serta rajin berolah raga secukupnya hal inilah yang sudah diamalkan hingga kini membuat MB dan Hj. Sohra masih tetap fit dan masih energik.

Bacaan Lainnya

“Kalau melihat dari sisi biologis, seharusnya saya sudah tidak produktif. Namun karena pola hidup yang selama ini terus dibiasakan maka semuanya masih bisa saya lakukan. Salah satu yang dibiasakan adalah pola makan dan minum yang sehat,” ungkap MB.

MB menjelaskan bahwa benalu batu di Enrekang dikenal dengan dengan nama Simbojang. Ia rutin minum seduhan ramuan ini, apalagi ditengah pandemi.

Istrinya, Johra MB sendiri yang membuatkan ramuan ini. Johra mengatakan Bumi Massenrempulu amat kaya dengan tanaman obat-obatan keluarga. Hal ini patut disyukuri dan dikelola dengan tepat.

“Sisa kita ketahui manfaat dan cara mengolahnya. Hampir semua jenis tanaman obat bisa dengan gampang kita temukan di Enrekang. Jahe, Kunyit, dan Benalu Batu,” kata Johra.

Oleh karenanya, Johra MB meyakini hidup sehat tidak mesti mahal. Kebiasaan hidup sehat dapat dimulai dari lingkungan keluarga masing-masing, dengan memanfaatkan tumbuhan dari sekitar kita. (Zaini)


Pos terkait