Tidak Gunakan Masker, ASN di Gowa Mesti Siap Kena Sanksi

Kabid Pembinaan BKPSDM Kabupaten Gowa, Agus Harahap (kanan), saat melakukan sidak aturan wajib masker di salah satu kantor SKPD lingkup Pemkab Gowa, Rabu (24/6/2020)

STARNEWS.ID, GOWA — Penerapan protokol kesehatan mesti dipastikan berjalan dengan baik di lingkup Pemkab Gowa. Termasuk kewajiban menggunakan masker.

Terkait hal tersebut, Kabid Pembinaan BKPSDM Kabupaten Gowa, Agus Harahap meminta kepada seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Gowa untuk mengngatkan jajarannya mengikuti protokol kesehatan khususnya penggunaan masker.

“Seluruh ASN bisa diingatkan untuk selalu pakai masker. Kalau tidak bawa sama sekali suruh pulang untuk mengambil masker atau membeli masker. Jangan sampai Perbup yang sudah dikeluarkan ini kita sendiri yang tidak mengindahkan,” ujarnya saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak), Rabu (24/6/2020).

Ia juga menyebutkan, akan terus mengontrol aktivitas para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak mengindahkan kewajiban menggunakan masker. Sanksi, maupun upaya pembinaan pun bakal diberikan bagi ASN yang membangkang.

Di antaranya, seperti membersihkan ruangan dan akan diviralkan sebagai pembelajaran bagi ASN lainnya melalui media sosial.

“Saya mengharapkan teman-teman ASN untuk mengindahkan dan menjadi contoh bagi masyarakat untuk selalu mengingat bagaimana protokol kesehatan itu. Karena betapa pentingnya kesehatan kita sehingga harus dijaga, karena menjaga kesehatan akan bermanfaat untuk diri kita sendiri dan keluarga,” harapnya.

Untuk diketahui, Tim Pemkab Gowa kembali melakukan sidak sebagai bentuk pengawasan ketat pada penerapan Peraturan Bupati (Peebup) Nomor 25 Tahun 2020 tentang penggunaan wajib masker. Khususnya bagi ASN.

Tim yang telah dibentuk ini terdiri dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Gowa.

Menurut Agus, sidak dilakukan di kantor-kantor SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa. Target utamanya yaitu untuk memastikan penerapan protokol kesehatan setiap kantor, khususnya penggunaan masker yang saat ini diwajibkan berjalan dengan baik dan disiplin.

Dari hasil sidak tersebut, ia menyebutkan secara keseluruhan kantor-kantor pemerintahan khususnya kantor pelayanan publik sudah menerapkan protokol kesehatan dengan sangat baik.

“Adapun yang mungkin kurang memahami sehingga masih ada yang memakai masker di bawa hidung. Jadi kami mengingat untuk menggunakan masker yang benar,” ujarnya.

Salah satu kantor yang sudah menerapkan protokol kesehatan yaitu Inspektorat Kabupaten Gowa.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa, Kamsinah mengatakan, saat ini di kantornya sangat ketat dalam penerapan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker.

“Kami sudah menindaklanjuti Perbup yang telah dikeluarkan. Kami menyampaikan kepada ASN yang ada di lingkup Inspektorat ini agar semua ASN maupaun bukan ASN yang masuk di wilayah kantor Inspektorat ini wajib memakai masker,” tegasnya.

Bahkan Kamsinah menyebutkan setiap ASN sudah dilengkapi persediaan masker di meja masing-masing. Begitupun saat keluar sosialisasi juga dilengkapi persediaan masker.

“Selain itu, begitu ada pegawai yang flu saya langsung telpon Puskesmas untuk mengecek dan langsung rapid test atau bahkan swab. Kami juga istirahatkan pegawai yang merasa sakit lalu kita telpon Puskesmas untuk mendatangi rumahnya,” tambahnya. (dam/rus)

Pos terkait