Tim Gugus Tugas Klaim Bantaeng Masih Zero Positif Covid 19

Rekapitulasi Covid 19 Sulsel (ist)

STARNEWS.ID, BANTAENG — Hingga kini, belum satupun warga di Bantaeng yang terpapar virus korona. Demikian ditegaskan juru bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantaeng, dr Andi Ihsan.

Bacaan Lainnya

Terkait tiga pasien yang terdeteksi positif Covid 19 di Bantaeng beberapa waktu lalu, Andi Ihsan menegaskan mereka berasal dari luar kabupaten berjuluk Butta Toa tersebut.

Dia menyatakan, ketiga pasien yang teridentifikasi di RSUD Bantaeng itu berasal dari Makassar, Gowa, dan Bulukumba. Ketiga pasien itu, kata Ihsan, datang ke keluarganya dalam kondisi sakit.

Mereka teridentifikasi saat pendataan melalui gerbang Disinfektan di perbatasan. Saat diketahui dalam kondisi sakit, ketiga pasien tersebut segera dilarikan ke RSUD Bantaeng untuk menjalani perawatan medis.

Di RSUD Bantaeng ketiga pasien itu mesti melalui proses swab test dan rapid test. Alhasil, mereka teridentifikasi jika pasien ini positif terpapa virus yang bermula dari Wuhan, Cina itu.

“Jadi dalam data rekapitulasi corona, ketiga pasien ini masuk dalam data wilayah asal mereka masing-masing. Bantaeng sampai saat ini masih dalam kategori zero positif korona,” tegas dia, Jumat (3/7/2020).

Dia juga membantah data yang beredar terkait jumlah positif korona sebanyak dua orang seperti yang beredar di sejumlah media.

Menurut Ihsan, data yang benar adalah ketiga pasien itu dikembalikan ke data asal mereka masing-masing untuk menghindari tumpang tindih data.

Data dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantaeng itu juga diperkuat dengan data rekapitulasi dari Provinsi Sulsel. Dalam data itu, Bantaeng masih berada pada posisi zero positif Covid-19. Selengkapnya, lihat grafis dari data Provinsi Sulsel.

Ia pun menambahkan, manajemen RSUD Bantaeng dan Tim Gugus Tugas juga melakukan upaya tracing kontak untuk ketiga pasien ini. Kontak para pasien itu dilacak untuk memastikan Covid 19 tidak menularnya ke warga lainnya.

“Kita terus berupaya melakukan tracing kontak untuk memastikan Corona tidak mewabah di Bantaeng,” jelas Andi Iksan.

Dia juga kembali mengajak kepada masyarakat Bantaeng untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Menurut dia, Pemkab Bantaeng juga akan terus melakukan sosialisasi dan upaya pencegahan. (din/dam)

Terkait