TMMD Bantaeng Bangun Akses Perekonomian di Desa Labbo

Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Andi Muhammad


STARNEWS.ID, BANTAENG — TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Bantaeng Berlanjut. Seperti yang dilaksanakan di Desa Labbo, Kecamatan Tompobulu, Bantaeng, Sabtu (18/72020).

Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIV/Hasanuddin, Brigjen TNI Andi Muhammad bersama Bupati Bantaeng, Ilham Azikin memantau langsung sejumlah kegiatan yang berkenaan TMMD ke-108 itu.

Bacaan Lainnya

Mulai dari pembukaan akses jalan, pembangunan Mushalla hingga sosialisasi layananan kesehatan dan pencegahan Covid-19.

Rombongan memantau titik pelaksanaan TMMD tersebut. Rombongan mendatangi ruas jalan di Desa Panjang Selatan Ruas jalan sepanjang 2 kilometer ini menjadi salah satu kegiatan inti pelaksanaan TMMD ke-108. Ruas jalan ini membelah Desa Labbo dan menghubungkan enam dusun yang ada di desa itu.

Jalan tersebut juga mempermudah akses buat para warga di Desa Labbo. Berkat TMMD, pendistribusian hasil perkebunan warga ke pasar juga semakin mudah. “Sehingga perekonomian warga dapat berputar dengan cepat,” aku Kepala Desa Labbo, Sirajuddin.

Sekadar diketahui, Desa Labbo adalah salah satu desa penghasil kopi terbaik di Bantaeng. Selain itu, juga memiliki banyak potensi perkebunan lainnya. Keberadaan jalan itu akan semakin mempermudah akses perekonomian warga di desa itu.

Tak hanya kegiatan fisik, Kasdam XIV/Hasanuddin, Brigjen TNI Andi Muhammad mengatakan, TMMD juga terkait dengan kegiatan non fisik, berupa sosialisasi dan perbaikan budaya dan sosial kemasyarakatan.

“Kegiatan ini adalah bukti kemanunggalan TNI, dan bukti TNI hadir untuk membantu masyarakat,” jelas dia.

Andi Muhammad pun menambahkan, TMMD kaki ini juga difokuskan untuk sosialisasi penanganan Covid-19. Sosialisasi untuk new normal ini, kata dia, adalah penekanan dari TNI AD.

Ia berharap, hasil dari TMMD ini senantiasa dipelihara dengan baik, sehingga dapat berguna untuk kesejahteraan masyarakat.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, TMMD adalah bukti komitmen pemerintah daerah bersama dengan Forkopimda untuk senantiasa meningkatkan kesejahteraan warga Bantaeng.

Menurut dia, di tengah pandemi ini, dalam segala keterbatasan ruang dan waktu, TNI AD hadir melalui kegiatan TMMD untuk menyentuh masyarakat Labbo.

“Mudah-mudahan kegiatan yang sejenis dapt terus dilakukan untuk kesejahteraan warga Bantaeng,” jelas dia.

Komandan Kodim 1410 Bantaeng, Letkol Tambohule Wulaa mengatakan, kegiatan TMMD dilakukan dalam bentuk kegiatan fisik seperti pembukaan ruas jalan, pembangunan plat duikker, dan perbaikan mushalla. Ia mengatakan, pembangunan jalan ini semakin mempermudah akses untuk warga setempat.

“ini diharapkan dapat mempercepar roda ekonomi masyarakat Bantaeng,” jelas dia.

Selain kegiatan fisik, juga ada kegiatan non fisik. Beberapa di antaranya adalah pemeriksaan kesehatan gratis, sosialisasi penerimaan TNI AD hingga sosialisasi kehidupan baru atau new normal. “Sosialisasi ini intens dilakukan di lokasi TMMD,” jelas dia. (din/dam)

Terkait