Tolak Politik Uang, Tim Penguji DPP PKB Bangga dengan Sikap Kak Syam

Kak Syam usai menjalani Uji Kepatutan dan Kelayakan di DPP PKB. (foto ist)

STARNEWS.ID, JAKARTA – Kak syam tiba di kantor PKB Jalan Raden Saleh lebih awal pukul 14.20, di sana Kak Syam bertemu Hamzah Pangki yang merupakan kandidat yang mendaftar di PKB, Pukul 16.20 giliran Kak Syam diuji. Suami Andi Mariattang anggota DPR RI 2014-2019 ini diuji hampir sejam dari alokasi jadwal sebenarnya hanya 30 menit setiap kandidat

Kak syam berterima kasih diberi kesempatan oleh PKB ikut tahapan UKK. Bertindak sebagai tim penguji adalah Andi Muawiyah atau yang akrab disapa Amure bersama Siti Mukarromah, S.ag.

Bacaan Lainnya

“Ada mungkin yang berpersepsi tahapan PKB sangat panjang. Tapi saya sebaliknya mengapresiasi positif. Ini mencirikan PKB sebagai partai modern yang ingin memberi pesan kepada publik bahwa PKB sedang mendedikasikan diri sebagai partai pengabdi ibu pertiwi. Salah satunya adalah sangat serius dalam pilkada untuk betul betul mencari pemimpin yang kapabel. Yang mumpuni dan tentu berintegritas,” ujar Kak Syam di hadapan panelis.

Kak syam juga memaparkan konsepsinya soal politik bermoral. Politik tanpa mahar dan tanpa politik uang. Menurut tokoh nasional antikorupsi ini hanya dengan cara demikian bisa mensejahterakan masyarakat. Meski demikian Kak Syam menjelaskan bahwa harus dibedakan secara tegas antara cost politik dan uang kenakalan politisi. Cost politik sebuah keharusan. Tapi uang kenakalan politisi adalah kehadirannya bersifat haram yang harus ditinggalkan.

Sehabis menjalani uji kompetensi Kak Syam langsung diwawancarai awak media yang sejak tadi menunggu karena tidak bisa menyaksikan langsung rapat uji kompetensi yang digelar tertutup, kepada wartawan Kak Syam menegaskan optimismenya bahwa kemenangan dalam Pilkada bisa diraih tanpa politik uang.

“Saya yakin kita bisa menang tanpa politik uang . Masyarakat sudah cerdas dan ingin perubahan. Hanya saja cara kita menyampaikan pesan kampanye yang harus efektif,” tegas Kak Syam.

Menurutnya, sikapnya yang tegas terhadap gerakan anti politik uang mendapat apresiasi positif dari kedua penguji, bahkan Andi Muawiyah mengaku bangga dengan kecerdasan dan sikap politk Kak Syam yang tegas tidak akan melakukan atau menolak polituk uang. Menurut Andi Muawiyah PKB tentu mencari kandidat yang berintegritas.

Kak Syam juga menawarkan jika dipercaya menjadi kandidat oleh PKB dan ditakdirkan terpilih jadi Bupati, pihaknya ingin menawarkan sebuah konsep bagi parpol sebagai think thank atas dirinya yang harus bersama terus dalam proses kebijakan. Tidak hanya saat pemilu dan akan diingat saat pemilu lagi. Melainkan secara berkelanjutan. Bahkan Kak Syam menawarkan sebuah konsep politik kampung santri di desa desa di Bulukumba. (star1)

Pos terkait