Trik Sehat Hindari Pandemi Covid-19 Menuju New Normal

Penampakan virus corona dengan menggunakan mikroskop elektron. (foto int)

Oleh: Dr. Muhammad Syahrir Gassa, SPd, M.Si/ Kalab. Kimia FMIPA UNM/Dewan Pakar ICMI Sulsel

ADAPUN trik-triknya agar tubuh sehat menghindari pandemi covid-19 menuju New Normal terutama bagi kita semua terutama mahasiswa maupun tenaga medis (Petugas Garda Terdepan) :

Bacaan Lainnya

1.Biasakan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas dengan sabun karena bakteri/virus bisa hilang dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer jika berada di atas kendaraan, di dalam kantor, dan tempat kerja yang lain.

2.Hindari menyentuh langsung bagian muka terutama mata, hidung dan mulut dengan tangan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

3.Wajib menggunakan masker (dapat membantu meningkatkan panas di area pernafasan sehingga virus menjadi berkurang/tidak aktif)

4.Menjaga jarak.

5.Menggunakan kaca mata geogle, sarung tangan jika kegiatannya berupa kegiatan di Ruang Laboratorium atau Medis.

6.Biasakan menghirup udara segar di waktu subuh dan jika memungkinkan upayakan berolahraga sambil berjemur di pagi hari.

7.Banyak mengkonsumsi makanan bergizi seimbang.

8.Biasakan mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari karena mengandung vitamin dan mineral.

9.Jika terasa ada gejala Covid-19 (misalnya: demam (suhu 38 OC) , batuk, tidak merasakan rasa pahit dan manis pada lidahnya) maka perbanyak minum air hangat dicampur jahe, kunyit atau tumbuhan rimpang lain terutama yang mengandung curcumin dengan cara memarut rimpang jahe/kunyit kemudian seduh dalam segelas air yang telah mendidih (jangan dimasak karena komponen bioaktifnya menjadi hilang) selain itu dicampur dengan perasan air jeruk nipis kemudian diminum dalam keadaan panas atau hangat untuk meningkatkan immunitas tubuh, bisa juga memakai minyak kayu putih atau menggunakan cara lain dan jika sakit berlanjut lekas ke layanan kesehatan terdekat.

10.Biasakan minum air hangat dan madu jika tersedia di pagi hari.

11.Sering-sering mengambil air wudhu bagi warga muslim, dimana pada saat berkumur-kumur sambil air dimasukkan dalam mulut kemudian dihirup hingga terasa masuk ke dalam hidung bagian dalam.

12.Hindari stres dan jangan panik serta ciptakan rasa senang dan bahagia supaya imunitas tubuhnya meningkat.

13.Hindari bepergian di tempat-tempat umum terutama pada kerumunan orang dan jika terpaksa maka jaga jarak.

14.Jangan pernah sembunyikan kondisi tubuhnya kalau ada indikasi Covid-19 dengan keluarga atau teman terdekatnya, karena bisa ada solusi pengobatannya.

15.Setelah pulang ke rumah/kostnya keluarkan semua pakaian luarnya dan masukkan dalam keranjang atau mesin cuci jika ada, kemudian cuci tangan dengan sabun dan mandi sebelum menyapa keluarga atau orang disekitarnya atau memegang benda lain yang terdapat dalam rumah.

16.Usahakan rumah/kostnya selalu disemprot dengan desinfektan (Bacylin, Dettol atau Cuka berkisar 2 sendok makan cairan yang dicampur sekitar setengah liter air bersih) setiap hari.

17.Ikuti trik-trik tersebut di atas sambil memperhatikan protokol kesehatan pandemic covid-19 yang dikeluarkan oleh Ketua BNPB Nasional, himbauan/edaran pimpinan sekolah/perguruan tinggi jika berada di area Sekolah/Perguruan Tinggi, atau himbauan pemerintah pusat maupun daerah.

18.Jangan lupa selalu beribadah dan berdoa selalu kepada Sang Pencipta Alam Semesta. (*/)

Terkait