Tuntut Perhatian Pemerintah, Front Pemuda Pattallassang Seruduk Kantor Camat

Aksi unjuk rasa yang dilakukan Front Pemuda Pattallassang di depan kantor kecamatan Pattallassang, Gowa, Selasa (16/2/2021). (Foto : ist) (foto ist)

STARNEWS.ID,GOWA – Perhatian pemerintah terhadap pemuda khususnya di kecamatan Pattallassang, Gowa disorot. Kegiatan kepemudaan tidak berkembang, lantaran minimnya perhatian pemerintah kecamatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh mahasiswa mengatasnamakan Front Pemuda Pattallassang (FPP) saat melakukan aksi demonstrasi di depan kantor camat Pattallassang, Selasa (16/2/2021).

Bacaan Lainnya

Dalam aksinya FPP menuntut pelbagai hal. Tapi yang utama meminta perhatian pemerintah kecamatan terhadap gerakan kepemudaan.

“Terus terang banyak yang bisa kami lakukan untuk membantu pemerintah membangun kecamatan ini (Pattallassang,red). Sayangnya selama ini kami tidak pernah diperhatikan,” teriak Asyra Furrijal selaku Koordinator lapangan (Korlap) aksi.

Asyra mengungkapkan, sebagai generasi penerus pemuda butuh support dari pemerintah. Namun hal itu tak pernah mereka rasakan.

Jangankan diberi bantuan untuk melaksanakan kegiatan, diundang kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) pun tidak pernah.

“Kalaupun ada proposal bantuan kegiatan yang kita ajukan, toh dipersulit. Dimana itu anggaran kepemudaan?,” ungkapnya.

Dia juga menyoroti kinerja pemerintah kecamatan Pattallassang. Kata Asyra, banyak persoalan kemasyarakatan yang tidak mampu diselesaikan dengan baik. Diantaranya persoalan tapal batas kecamatan Pattallassang dan kecamatan Parangloe di Desa Timbuseng, puncak Bollangi.

“Masalah tapal batas ini rawan menimbulkan pertumpahan darah antar warga. Sudah beberapa kali ada keributan disana. Kami meminta pemerintah kecamatan tidak berdiam diri,” tukasnya.

Aksi demo FPP itu mulai berlangsung sekira Pukul 10.00 wita. Mereka berorasi sambil membakar ban bekas di ruas jalan Poros Pattallassang-Bilayya, tepat di kantor camat Pattallassang.

Aksi tersebut sempat memacetkan arus kendaraan. Aksi unjuk rasa FPP baru selesai setelah Sekretaris camat (Sekcam) Pattallassang, H Marham Sila mengajak mereka berdialog di dalam aula kantor camat.

“Kami akan perhatikan aspirasi adik-adik mahasiswa dari Front Pemuda Pattallassang,” ucap Marham.

Camat Pattallassang, Baharuddin yang dikonfirmasi menyatakan pihaknya siap menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan FPP.

Keponakan Wakil bupati (Wabup) Gowa, H Abdul Rauf Malaganni itu telah mengagendakan pertemuan dengan FPP dan seluruh kepala desa di kecamatan Pattallassang, Kamis (18/2/2021) besok.

“Kamis kita lakukan pertemuan dengan mereka. Saya akan hadirkan semua kelapa desa,” katanya.

Terkait tuntutan yang disuarakan FPP seperti minimnya perhatian pemerintah kecamatan terhadap kegiatan kepemudaan, Bahar menepis. Ia mengaku selama ini, setiap ada proposal tentang kepemudaan, pihaknya selalu memfasilitasi ke pemerintah desa dengan alasan kecamatan tidak mengelola anggaran kepemudaan.

“Selalu kita fasilitasiji itu. Termasuk kegiatan musrenbang baru-baru, ada dua perwakilan pemuda yang hadir,” terangnya.

Begitupun persoalan tapal batas kecamatan di Desa Timbuseng. Kata dia, pihaknya tetap atensi. Hanya butuh proses.

“Inti permasalahan sebenarnya komunikasi ji. Nanti di pertemuan kita bahas semuanya,” tandas Baharuddin.(rus)


Pos terkait