Untuk Ketiga Kali, Pemkab Gowa Pertahankan Nilai SAKIP Predikat B

Pj Sekda Gowa, Hj Kamsina diapit Kepala Bappeda, H Taufik Mursad dan Kabag Organisasi, Sujaddan mengikuti penyampaian SAKIP secara nasional lewat virtual di Peace Room A'kio Kantor Bupati Gowa, Jumat (23/4/2021).(Foto : Humas Pemkab Gowa)

STARNEWS.ID,GOWA—–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa berhasil mempertahankan pencapaiannya dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dengan predikat B tahun ini.

Pencapaian itu merupakan yang ketiga kalinya. Dua tahun sebelumnya (2019-2020) Pemkab Gowa juga mendapatkan predikat serupa.

Bacaan Lainnya

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Sujjadan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gowa sudah mempertahankan capaian ini selama tiga tahun berturut-turut.

“Kita mendapatkan predikat B bersama beberapa kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Selatan. Ini menunjukkan hasil yang baik dari sisi predikat,” katanya saat mengikuti Penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksana reformasi birokrasi instansi 2020, secara virtual di Peace Room A’Kio Kantor Bupati Gowa, Kamis, (22/4).

Ia menyebutkan, dari segi nilai, SAKIP Pemerintah Kabupaten Gowa mengalami peningkatan. Dimana jika pada 2019 lalu nilai yang diperoleh sekitar 63,25, maka di tahun ini berhasil naik menjadi 63,51.

“Nilai B ini memperoleh angka 60,00 hingga 69,99. Sementara untuk nilai pelaksanaan reformasi birokrasi atau RB Pemkab Gowa berhasil meraih angka 52,20,” katanya lagi.

Sementara, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Hj. Kamsina berharap dengan perolehan hasil evaluasi ini akan menjadi catatan bagi instansi-instansi di lingkup Pemkab Gowa untuk terus memperbaiki kinerja pemerintahannya.

“Untuk target kita terus melakukan perbaikan. Kita berharap bahwa nilai kita ini memang selalu mengalami peningkatan,” lanjut Kamsina yang juga menjabat Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa.

Ia menegaskan, hasil penilaian tersebut tentunya akan menjadi evaluasi bagi para instansi pemerintahan untuk lebih bekerja lebih baik. Dengan melihat aspek-aspek yang perlu diperbaiki di masa mendatang.

“Terutama untuk tingkat SKPD. Karena setiap SKPD berkontribusi terhadap penilaian SAKIP dan RB,” tegasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB RI, Agus Uji Hantara mengatakan, penyerahan ini merupakan rangkaian dari kegiatan evaluasi akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi tahun 2020 yang prosesnya dilakukan secara daring.

“Kemudian hasil evaluasi pelaksanaan SAKIP dan RB tahun 2020 ini disampaikan secara bersamaan dengan pertimbangan agar lebih efisien dan efektif,” kata Agus.

Dalam penyerahan hasil evaluasi SAKIP dan RB turut hadir Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa Taufiq Mursad. (rus)


Pos terkait