Visit Toraja, Mahasiswa Modul Nusantara Aksi Sosial di Tempat Wisata

KONTRIBUSI SOSIAL-- Mahasiswa Modul Nusantara melakukan sesi foto bersama di salah satu tempat wisata di kabupaten Tana Toraja (Tator), Rabu (29/12/2021). Tak sekadar kunjungan wisata, mahasiswa dari 28 perguruan tinggi di Indonesia itu melaksanakan aksi sosial dengan membersihkan obyek wisata yang didatangi. (Foto : Ist)

STARNEWS.ID,TATOR— Kegiatan Visit Toraja yang dilaksanakan Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Modul Nusantara tak sekadar kunjungan wisata saja.

Akan tetapi, mereka juga melakukan kontribusi sosial dengan menggelar aksi bersih di tempat wisata yang ada di kabupaten Tana Toraja (Tator), Rabu (29/12/2021).

Bacaan Lainnya

Salah satunya di Kompleks Wisata Religi Buntu Burake, Tator. Di tempat ini, rombongan Mahasiswa Program Modul Nusantara sebanyak 118 orang secara bergotong-royong membersihkan seluruh area kompleks wisata Buntu Burake dengan cara memungut sampah yang ada.

Dosen Pembimbing Lapangan Modul Nusantara, Yasdin menuturkan, aksi bersih ini sebagai bentuk kontribusi sosial mahasiswa terhadap obyek wisata di tanah air, khususnya di Tana Toraja.

Kata dia, kegiatan sosial ini terlaksana berkat dukungan dan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja.

“Meskipun kecil, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat banyak secara khusus. Kami berterina kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Toraja melalui Dinas Kebersihan telah memfasilitasi kegiatan ini,” ucap Yasdin.

Disamping 118 mahasiswa, kegiatan kontribusi sosial Modul Nusantara di obyek wisata Buntu Burake turut melibatkan semua dosen pembimbing.

Selain dirinya, 7 dosen pembimbing lapangan lainnya yakni Nurharsyah Khaer, Hasriani, Muhammad Said, Nur Hijrah, Fajar Arwadi, Nur Fadillah, dan Fatimah.

“Tak ketinggalan juga mentor yang mendampingi mahasiswa,” terangnya.

Sekadar diketahui, Mahasiwa Inbound Universitas Negeri Makassar ini melakukan kontribusi sosial dalam hajatan Visit Toraja sejak Senin (27/12/21) lalu.

Dalam Visit Toraja ini, mahasiwa yang berasal dari pelbagai pulau di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan juga mengunjungi sejumlah objek wisata.

Tak hanya Buntu Burake. Mereka juga mengunjungi Ketek Kesu, Lolai, Londa, dan beberapa lokasi lainnya.

Sebelum berkunjung ke tempat-tempat wisata, rombongan mahasiswa dari 28 perguruan tinggi se-Indonesia ini diterima Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang pada Senin (27/12/21) lalu.

Ombas sapaan akrab Bupati Torut, Yohannes Bassang menyambut hangat kedatangan mahasiswa Program Modul Nusantara ini.

Oleh Ombas, mereka bahkan diajak ikut serta dalam apel gabungan dengan pegawai lingkup Pemerintah Kabupaten Toraja Utara di Kantor Bupati Toraja Utara.(Yasdin/rus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *