Wabup Gowa Harap Punggawa Baine Ikut Sejahterakan Masyarakat di Gowa

Wabup Gowa, Abd Rauf Malaganni menerima audiensi pengurus Punggawa Baine Gowa di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Kamis (13/8/2020).


STARNEWS.ID, GOWA — Membangkitkan kembali aktivitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tengah diupayakan Pemkab Gowa. Agar perputaran ekonomi juga tetap berjalan.

Saat menerima audiensi pengurus Punggawa Baine Gowa di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Kamis (13/8/2020), Karaeng Kio – sapaan Wabup Gowa menuturkan, saat ini Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memiliki program untuk memberikan permodalan bagi pelaku usaha mikro.

Bacaan Lainnya

Bantuan tersebut sebagai stimulus dari pemerintah pusat untuk para pelaku UMKM yang terkena dampak dari pandemi virus korona atau Covid-19.

Berkenaan itu, ia pun berharap Punggawa Baine bisa ikut menyosialisasikan dan mendorong para pelaku usaha UMKM yang ada di Kabupaten Gowa maupun yang berbeda di bawah binaan Punggawa Baine agar bisa segera mendaftar untuk diverifikasi dan mendapatkan bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM.

Abd Rauf juga merespons rencana dari pengurus Punggawa Baine yang berniat mengembangkan industri mikro, kecil dan menengah (IMKM) di Kabupaten Gowa.

Menurutnya, upaya Punggawa Baine ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah untuk bisa menyejahterakan masyarakat Kabupaten Gowa.

Mengingat kuota untuk seluruh Indonesia sangat terbatas yaitu hanya 12 juta serta tidak ada kuota setiap provinsi maupun kabupaten/kota. Sehingga siapa yang cepat mendaftar maka itulah yang akan diverifikasi oleh pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan.

“Berkaitan dengan itu, maka saya berharap kita bisa menanggapi dengan serius. Sehingga pengusaha-pungusaha kecil ini bisa segera di data dan persyaratan ringan, tidak memerlukan proposal,” kata Abd Rauf.

Adapun beberapa persyaratan aga bisa mengajukan untuk mendapatkan bantuan permodalan dari pemerintah pusat yaitu nama pemilik usaha, nama usaha, alamat rumah atau tempat usaha, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Modal usaha dibawah Rp50 juta dan tidak sedang mengambil Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank.

Abd Rauf juga berharap, Punggawa Baine tetap mendukung Pemerintah Kabupaten Gowa untuk ikut menyejahterakan masyarakat serta tetap menjaga kebersamaan yang sudah terjalin dengan baik selama ini.

“Saat ini, Pemerintah Kabupaten Gowa telah mendapatkan 106 penghargaan baik tingkat pusat maupun provinsi. Ini tentu berkat kita semua. Olehnya itu saya berharap ini tetap terjaga dengan baik sehingga apa yang kita cita-citakan bersama bisa terwujud,” harapnya.

Ketua Punggawa Baine Gowa, Nasrah Romo mengatakan kunjungannya itu untuk meminta saran dan masukan dari Pemkab GowaZ terkait pengembangan industri mikro, kecil dan menengah (IMKM) di Kabupaten Gowa. (rilis/dam)

Terkait