Warga Temukan Senjata Peninggalan DI/TII di Gunung Lakawan, Enrekang

Proses evakuasi senjata laras panjang dan amunisinya di Gunung Lakawan, Enrekang. (foto zaini/starnews.id)

STARNEWS.ID, ENREKANG – Tiga warga Anggeraja menemuan senjata api di puncak Gunung Lakawan, Kabupaten Enrekang, Selasa (9/6/2020).

Ketiga warga bernama Sain (50), Ruddin (37) dan Agus (45), berniat hendak mencari sarang walet di sekitar Gunung Lakawan. Namun sampai di lokasi, tetiba mereka melihat lubang mirip gua yang biasanya ditempati burung walet bersarang. Ketika didekati ternyata senjata rusak bersama amunisinya.

Bacaan Lainnya

Senjata api tersebut berjenis senapan laras panjang buatan Inggris merek Lee Enfield dengan nomor seri H 46890. Penemuan disepakati dilaporkan ke polsek setempat.

Berkat laporan ini, Tim gabungan Polsek Anggeraja, Satuan Intelkam, Satuan Reskrim dan Kodim 1419/Enrekang, langsung menuju lokasi. Setiba mereka langsung mengevakuasi senjata api laras panjang tersebut,

Kapoksek Anggeraja Iptu Lukman membenarkan penemuan senjata api beserta amunisinya.

Iptu Lukman juga menjelaskan posisi senjata saat ditemukan dalam posisi berdiri dan di sekitar senpi terdapat ransel yang berisi amunisi sebanyak 38 butir beserta alat makan dari batok kelapa yang sudah rusak.

Senjata api saat ditemukan dalam kondisi rusak atau berkarat sedangkan amunisi masih dalam keadaan aktif.

“Diduga senjata api tersebut merupakan sisa peninggalan pemberontakan DI/TII yang pernah terjadi di Kabupaten Enrekang” ungkap Kapolsek Anggeraja, Selasa, (9/6/2020).

Ditambahkan, saat ini senjata api laras panjang beserta aminisinya telah di amankan di Mako Polres Enrekang untuk pemeriksaan lebih lanjut. (zai/uba)


Pos terkait