Waspada dengan Pungumpulan KK/KTP jelang Pemilu

  • Whatsapp

STARNEWS.ID, JAKARTA – Jelang Pemilu Presiden/DPD/DPR-D 17 April 2019 mendatang, warga diharap mewaspadai adanya tim sukses Caleg tertentu yang melakukan pengumpulan KTP/KK.

Peringatan ini disampaikan Andi Mariattang, anggota DPR Pusat (DPRRI) saat Reses 9 Februari 2019 kemarin di Tibona Kecamatan Bulukumpa Kab. Bulukumba.

Baca Juga

Dari beberapa informasi yang didapatkan, beberapa warga yang dimintai Foto Copy KK/KTP yang dikumpulkan oleh tim sukses Caleg tertentu dengan alasan akan direkrut sebagai saksi di TPS. Tidak hanya KTP bahkan ada yang sudah dimintai rekening.

“Saksi di TPS bukan saksi Caleg tapi saksi yang disiapkan oleh Partai. Tugas saksi adalah mencatat perolehan suara partai dan semua caleg di setiap tingkatan, Kata Andi Mariattang yang seharinya duduk di Komisi II DPR yang membidangi kepemiluan ini.

Lebih lanjut Andi Mary demikian biasa disapa, agar saksi nanti bekerja dengan maksimal maka setiap saksi partai nanti akan dilatih langsung oleh bawaslu. Dan anggarannya sudah disetujui di DPR.


“Saksi nanti itu akan dilatih bawaslu. Anggarannya besar. Saya bersama teman di Komisi II DPR yang membahas dan sudah disetujui. Semua itu kita lakukan karena pemilu kali ini kita mau betul betul menjaga kualitas pemilu. Karena kita sadar hanya pemilu berimtegritas bisa melahirkan pemimpin yang peduli dan berintegritas,” ujarnya lagi.

Menirutnya, Bawaslu sekarang ini harus bekerja ekstra memantau proses pemilu di lapangan. Termasuk upaya deteksi dini modus politik uang. Apalagi juga tidak menutup kemungkinan ada oknum memanfaatkan situasi menjual nama caleg padahal untuk kepentingannya sendiri.

Sekaranh ini Banyak kasus kejahatan saat ini yang dilakukan oleh pelaku kejahatan dengan menggunakan nomor identitas orang lain dalam menjalankan aksinya.

“Jangan sampai dokumen kependudukan ini disalahgunakan oleh oknum tertentu, apalagi nomor NIK sekarang sudah singel identiti – rawan disalahgunakan yang akan merugikan pemilik KTP”, ujarnya mencontohkan kasus penipuan nomor undian atau malah pembobolan di rekening. (star1/int)

Pos terkait