WR 3 UNM Hadiri Webinar Nasional FIB UNHAS

Suasana webinar yang dihadiri Wakil Rektor 3 UNM. (foto ist)

STARNEWS.ID,MAKASSAR-Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin (Unhas) di usisnya yang ke-60 menggelar Webinar nasional bertajuk “Prospek Ilmu Budaya Pasca Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Pimpinan FIB UNHAS dari Masa ke Masa: Sebuah Refleksi,” pada Kamis (10/12/2020).

Webinar yang berlangsung secara daring ini dihadiri sekitar 220 orang, dari sivitas akademika FIB UNHAS dan alumni yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Webinar nasional ini menghadirkan sejumlah nara sumber, diantaranya Prof Dr Akin Duli M A, yang juga Dekan FIB Unhas, Prof Dr Muhammad Darwis M S, yang juga mantan Dekan FIB Unhas, 2005 – 2009, Dr H Muhammad Bahar Akkas Teng, Lc M Hum, Prof Dr H Fathu Rahman M Hum, yang juga Wakil Dekan 1 FIB Unhas, Prof Dr H Tadjuddin Maknum M Hum, dan dimoderatori oleh Bapak Drs Alwy Rachman Dipl TEFL.

Prof Dr Fathu Rahman M Hum dalam penyampaian materinya mengatakan bahwa meskipun kita tengah berada di masa Pandemi Covid-19, kajian dan studi sastra tetap menggeliat. Prof Dr Fathu Rahman mengingatkan bahwa di era pandemi ini, kita tetap bersastra melalui cyber literature. Prof Dr Fathu Rahman juga menegaskan meskipun kita tengah berada di era pandemi Covid-19, pendidikan harus tetap berjalan, dengan pemanfaatan teknologi.

Sementara itu, Prof Dr Muhammad Darwis dalam materinya bertajuk “Prospek Ilmu Budaya dalam Perspektif Dekan dari masa ke masa. Prof Dr Muhammad Darwis M Hum mengatakan sastra itu produk bahasa dan bahasa adalah produk budaya. Selsnjutnya budaya adalah produk manusia dan fakultas ilmu budaya adalah fakultas ilmu manusia, pungkasnya.

Nara sumber lainnya yang banyak mengulas perubahan dan perkembangan FS UH ke FIB Unhas, adalah Prof Dr Tadjuddin Maknum SU. Sebagai pelaku sejarah, Prof Dr Tadjuddin Maknum juga banyak memaparkan kearifan lokal, budaya Bugis Makassar, Filsafat Ilmu, kurikulum, dan proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19.

Webinar nasional ini turut dihadiri oleh Sukardi Weda, yang juga alumni Sastra Inggris FIB Unhas tahun 1993 dan sekarang menjabat Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Makassar (UNM). Sukardi Weda menyambut baik kegiatan ini dan kegiatan ini dapat mengingatkan kembali masa-masa menimbah ilmu di FIB Unhas, juga dapat berinteraksi secara virtual dengan dosen dan sesama alumni, ujarnya. Sukardi Weda juga nenyampaikan Selamat Hari Ulang Tahun FIB Unhas yang ke-60, semoga FIB Unhas semakin jaya dan menjadi fakultas yang memiliki kinerja unggul/ekselen. (*/uba)


Pos terkait